Ilustrasi buta warna, buta warna parsial, buta warna total, gangguan penglihatan.
Ilustrasi buta warna, buta warna parsial, buta warna total, gangguan penglihatan. ( SHUTTERSTOCK/Maria Vonotna)

Bisakah Buta Warna Disembuhkan? Yuk Cari Tahu Penjelasannya Disini

6 September 2023 21:50 WIB

SonoraBangka.idButa warna merupakan kondisi gangguan penglihatan, di mana seseorang kesulitan atau tidak bisa membedakan warna.

Hari Buta Warna Sedunia yang diperingati setiap 6 September jadi momen penting bagi Kawan Puan untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi buta warna.

Dilansir dari Kompas.com, American Academy of Ophtgalmology mengungkap ada beberapa tingkat keparahan buta warna, misalnya penderita yang masih ringan dapat mengenali warna dalam kondisi cahaya terang.

Akan tetapi, pengidap buta warna ringan akan kesulitan membedakan warna dalam kondisi cahaya redup.

Perlu diketahui pula, buta warna parah dapat membuat penderitanya hanya melihat warna kelabu, akan tetapi kondisi ini cukup jarang terjadi.

Lantas, apakah buta warna bisa disembuhkan?

Kawan Puan harus tahu bahwa gangguan penglihatan ini umumnya memengaruhi kedua mata dan kondisinya pun menetap seumur hidup.

Pasalnya, buta warna biasanya muncul sejak lahir, namun ada juga pengidap yang mengalami kondisi ini akibat gangguan tertentu.

Tak hanya itu saja, ada kasus buta warna yang muncul akibat efek samping dari minum obat tertentu atau suatu gangguan yang terkadang bisa diatasi.

Cara menangani buta warna akibat efek samping obat dan gangguan mata bisa dilakukan dengan cara menyembuhkan masalah kesehatan mendasar terlebih dahulu.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm