Ilustrasi biji kopi yang sudah diolah menjadi kopi bubuk
Ilustrasi biji kopi yang sudah diolah menjadi kopi bubuk ( SHUTTERSTOCK/SHARSONM)

Jadi Pengharum Ruangan hingga Masker Wajah, Berikut Manfaat Bubuk Kopi

7 September 2023 07:11 WIB

SonoraBangka.id - Selain diseduh menjadi kopi hangat atau dingin, bubuk kopi punya segudang manfaat yang bisa digunakan di kehidupan sehari-hari.  Bukan hanya bubuknya saja, bahkan ampas bubuk kopi yang sudah diseduh bisa kamu gunakan kembali untuk hal lain yang bermanfaat. Dilansir dari laman Times of India, ada beberapa tips menggunakan bubuk kopi. 

1. Masker wajah

Kamu bisa menggunakan bubuk kopi sebagai masker wajah. Campurkan dengan beberapa sendok makan air bersih. Aduk hingga mengental dan aplikasikan ke wajah secara perlahan.

2. Pengharum ruangan

Bubuk kopi yang masih baru saja dibuka dari kemasan, kamu bisa menggunakannya menjadi pengharum ruangan. Gunakan beberapa sendok bubuk kopi kemudian masukkan ke dalam kain kasa berlubang tipis. Beri tali agar lebih mudah digantungkan di atas jendela rumah.

3. Gunakan sebagai pupuk

Ditambahkan dari laman Healthline, kamu bisa menggunakan bubuk kopi atau ampas kopi sebagai pupuk kompos. Tambahkan ke tumbuhan yang ada di rumahmu, cara ini bisa digunakan untuk membantu tanah lebih banyak menahan nutrisi dan air.

4. Membersihkan peralatan dapur

Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan air dan sabun untuk menghilangkan noda membandel pada peralatan dapur.

5. Menghilangkan kutu di hewan peliharaan

Kamu bisa menggosokkan bubuk kopi ke seluruh bulu hewan peliharaan dan keramas hingga bersih. Bilas dengan air bersih dan biarkan bulunya mengering. Sebaiknya gunakan di bagian luar kulit dan jangan sampai hewan menikmati bubuk kopi karena membahayakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Bubuk Kopi, Bisa Jadi Pengharum Ruangan hingga Masker Wajah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/11/120900675/5-manfaat-bubuk-kopi-bisa-jadi-pengharum-ruangan-hingga-masker-wajah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm