Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN Plus Three di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023) siang.(YouTube.com/Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN Plus Three di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023) siang.(YouTube.com/Sekretariat Presiden) ( KOMPAS.COM)

ASEAN Jalin Untuk Pengembangan EV dengan China, Jepang, dan Korsel

7 September 2023 18:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Asia Tenggara (ASEAN) bersama Jepang, China, dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk membentuk kerja sama dalam pengembangan ekosistem kendaraan bermotor listrik (electric vehicle/EV) di kawasan.

Kesepatan tersebut tercapai setelah penyelenggaraan KTT ASEAN Plus Three ke-26 sebagai rangkaian KTT ASEAN ke-43 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, yang disiarkan secara langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden Rabu (6/9/2023).

"ASEAN sangat menghargai dukungan RRT (China), Jepang, dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV battery dan ASEAN Indo-Pacific Forum. Hal ini penting bagi kemajuan bagi pertumbuhan kawasan," kata Jokowi dalam pembukaannya.

"Namun, tujuan tersebut akan terganggu apabila perdamaian dan stabilitas di kawasan tidak mampu kita jaga," lanjut dia.

Ajakan Jokowi lantas disambut baik oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, yang mana kerja sama ini sangat tepat untuk membentuk kerangka kerja baru menghadapi masa depan di kawasan ASEAN dan ketiga mitranya.

Menurut dia, ASEAN Plus Three (APT) harus bisa melanjutkan visinya sejak dibentuk pada 1997 silam untuk merespons tantangan kala itu, yakni krisis keuangan global, hingga berbagai tantangan dunia yang diwarnai persaingan geopolitik, konflik terbuka, dan krisis iklim.

Lebih lanjut, komitmen atas kerja sama antara ASEAN dengan Jepang, China, dan Korsel ini tercantum dalam dokumen bertajuk ASEAN Plus Three Leaders’ Statement on Developing of Electric Vehicle Ecosystem.

Pada beleidnya, para pemimpin negara berbagi pandangan umum bahwa transisi energi yang adil dan pengurangan emisi karbon di sektor transportasi harus terbuka dengan berbagai cara, seperti kendaraan tanpa emisi, guna mencapai target emisi nol atau netralitas karbon.

Para pemimpin juga mengakui pentingnya kolaborasi dan koordinasi dalam pengembangan EV.

Sehingga, mereka sepakat mempromosikan pengembangan kendaraan listrik yang merupakan salah satu jalur penting mengurangi emisi gas rumah kaca, mempercepat transisi energi berkeadilan, dan mencapai netralitas karbon.

Kemudian tertulis pula bahwa ASEAN ingin didukung untuk memainkan peran penting dalam produksi global kendaraan listrik.

“Termasuk baterai untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik yang kuat,” demikian bunyi salah satu poin dalam dolumen ASEAN Leaders’ Statement on Developing of Electric Vehicle Ecosystem.

Sebagai penutup, para pemimpin APT juga sepakat mempromosikan kerja sama, kemitraan, dan keterlibatan dengan sektor swasta untuk memajukan ekosistem kendaraan listrik regional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ASEAN Jalin Pengembangan EV dengan China, Jepang, dan Korsel", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/07/070200715/asean-jalin-pengembangan-ev-dengan-china-jepang-dan-korsel.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm