Tesla Gigafactory di Shanghai, China(Dok. Headlightmag.com)
Tesla Gigafactory di Shanghai, China(Dok. Headlightmag.com) ( KOMPAS.COM)

Tesla Menunda Untuk Investasi Indonesia, Luhut Mengaku Tidak Khawatir

7 September 2023 18:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tesla Inc sebelumnya dikabarkan akan berinvestasi ke Indonesia. Tapi, diketahui belakangan ini ternyata langkah tersebut ditunda oleh Tesla. Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak khawatir.

Pada Maret 2023, Luhut mengatakan bahwa negosiasi dengan CEO Tesla Elon Musk sudah mengalami kemajuan. Negosiasi tersebut juga mengisyaratkan adanya titik terang soal investasi Tesla ke Indonesia.

Namun, diketahui bahwa investasi Tesla beralih ke negara tetangga, yakni Thailand. Kemudian, Tesla juga mendirikan kantor di Malaysia dan nampaknya juga akan berlanjut ke investasi.

"Maksud saya, jika Anda tidak bisa berinvestasi di Indonesia untuk saat ini, tidak masalah dan Elon juga sangat berterima kasih kepada kami," kata Luhut, dikutip dari CEO Forum of ASEAN Bloomberg, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Luhut menambahkan, Elon memberikan pesan yang sangat jelas terkait kondisi perekonomian secara global. Selain itu, Tesla juga mempunyai kekhawatiran dengan berlebihnya kapasitas di industri kendaraan listrik. Sehingga, mereka tidak akan melakukan pengeluaran dalam jumlah besar untuk satu tahun atau dua tahun ke depan.

"Bahkan, mereka menunda investasinya di Meksiko. Sebab, jika saya tidak salah, produksi mereka 3 juta unit. Tapi, pasar hanya bisa menyerap sekitar satu koma sekian juta saja.

Luhut mengatakan, Tesla tetap melihat Indonesia sebagai prioritas untuk berinvestasi. Musk akan mengunjungi Indonesia pada Oktober untuk melakukan pembicaraan antara pemerintah dan layanan internet satelitnya, yakni Starlink.

Dengan layanan tersebut, menurut Luhut, dapat membantu menghubungkan daerah-daerah pedesaan di Indonesia, terutama di bagian timur, untuk akses yang lebih baik ke layanan pendidikan dan kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tesla Menunda Investasi Indonesia, Luhut Mengaku Tidak Khawatir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/07/072200315/tesla-menunda-investasi-indonesia-luhut-mengaku-tidak-khawatir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm