Ilustrasi AC mobil(Kompas.com/Fathan Radityasani)
Ilustrasi AC mobil(Kompas.com/Fathan Radityasani) ( KOMPAS.COM)

Cara Efektif Untuk Turunkan Suhu Kabin Mobil Panas Setelah Terjemur Matahari

7 September 2023 20:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Terjadinya Musim kemarau dan letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat udara makin panas. Keadaan ini sangat terasa ketika memasuki mobil usai terjemur matahari.

Tak sedikit pemilik mobil yang menyalakan AC dan menyetelnya hingga suhu paling rendah kemudian menggunakan blower atau kipas yang besar dengan tujuan suhu kabin lebih cepat turun dan menjadi dingin.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, kebiasan menggunakan blower langsung kencang bisa berdampak kurang baik.

"Sebetulnya tidak langsung rusak, karena blower itu kipas. Kipas waktu putaran tinggi sama rendah pasti ada perbedaan, yaitu akan cepat rusak, kenapa, karena putarannya dipaksa tinggi, entah bearing atau motornya," kata Yudho kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

"Pakai blower langsung besar boleh saja, tapi apakah itu akan memperpendek umurnya pada jangka waktu (tertentu), iya pasti," kata Yudho.

Yudho mengatakan, bila ingin cepat menurunkan suhu yang kabin panas maka sebaiknya memaksimalkan AC bukan blower. Setel AC dalam kondisi maksimal tapi blower cukup satu, dua bar, tergantung keperluan.

"Makanya kami sarankan AC di full dingin, kemudian kipasnya satu saja. AC dingin tapi kipas jangan kencang-kencang, kecuali panas banget ya bisa dua, saya rasa cukup," kata Yudho.

Kemudian kata Yudho, jika saat masuk ke mobil kabin terasa panas ada baiknya tidak langsung pergi. Pengemudi bisa membuka sedikit kaca agar ada pertukaran udara yang masuk dari luar ke dalam.

"Tipsnya ialah waktu mobil habis terpanggang di bawah matahari itu buka dulu kaca, hidupkan AC normal saja. Biar sirkulasi dulu, 2-3 menit. Biat netral dulu biar tertukar oksigen, baru normal," ujar Yudho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Efektif Turunkan Suhu Kabin Mobil Panas Setelah Terjemur Matahari", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/07/102200615/cara-efektif-turunkan-suhu-kabin-mobil-panas-setelah-terjemur-matahari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm