Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan ( Tribun Toraja/IST )

Disebutkan BMKG Pangkalpinang bahwa Awal Musim Hujan di Bangka Belitung di Bulan November

8 September 2023 08:10 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, bahwa BMKG Pangkalpinang menyebutkan bahwa awal musim hujan di Bangka Belitung terjadi di bulan November.

Meski masih musim kemarau, namun hujan masih mengguyur sebagian wilayah Pulau Bangka, Kamis (7/9/2023).

Turunnya hujan apakah pertanda sudah memasuki musim penghujan?

Menanggapi turunnya hujan belakangan ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprediksi jika Provinsi Bangka Belitung baru akan masuk musim penghujan pada bulan November mendatang.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan, hal itu sesuai update terakhir dari Stasiun Klimatologi (Staklim) Bangka Belitung.

"Sesuai update terakhir dari Staklim Bangka Belitung, bahwa awal musim penghujan untuk wilayah Babel masih di sekitar dasarian ke satu November 2023 mendatang," ujar Kurniaji, Kamis (7/9/2023).

Kurniaji menambahkan, tampilan radar cuaca menunjukkan intensitas hujan yg terjadi sejak dini hari hingga pagi hari ini Kamis 7 September 2023 berkisar dengan kategori ringan-sedang.

"Potensi hujan tersebut merata terjadi hampir di seluruh wilayah Babel. Namun kita masih menunggu release terbaru terkait hal tersebut karena akan selalu dilakukan analisa terkini secara berkala mengenai awal musim di seluruh wilayah Indonesia," sebutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, mengingat awal penghujan diprediksi masih cukup lama pihaknya menghimbau untuk selalu mewaspadai potensi kekeringan dan karhutla di wilayah kita masing-masing 

"Upaya-upaya skala individu maupun kelompok sangat perlu utk digalakkan, seperti pemakaian air di rumah secara bijak.  Kemudian tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu potensi terjadinya kebakaran, baik di lingkungan tempat tinggal ataupun lapangan semak belukar serta kegiatan membuka kebun/ladang bagi kelompok petani," pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul BMKG Pangkalpinang Sebut Awal Musim Hujan di Bangka Belitung di Bulan November, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/07/bmkg-pangkalpinang-sebut-awal-musim-hujan-di-bangka-belitung-di-bulan-november.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm