Ilustrasi terasi.
Ilustrasi terasi. ( SHUTTERSTOCK/NINE_FAR)

Bisa untuk Stok, Berikut 5 Cara Membuat Terasi Nabati dari Tempe

9 September 2023 15:25 WIB

SonoraBangka.id - Terasi terbuat dari udang, namun kamu bisa membuatnya dari bahan nabati yang aman untuk vegan. Terasi tempe ini bisa kamu buat di rumah untuk stok membuat sambal atau penyedap rasa masakan. Terasi nabati dari tempe ini dibuat hanya dengan tiga bahan, yaitu tempe, minyak, dan garam.

Sebelumnya tempe difermentasi selama tujuh hari sebelum diproses menjadi terasi. Simak cara membuat terasi nabati dari tempe, dikutip dari majalah "Saji / ED 478 2020" (2020) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Bahan terasi tempe:

200 gram tempe

2 sdt 

1 sdm minyak 

Cara membuat terasi tempe:

1. Potong-potong tempe agak tebal.

2. Masukkan ke dalam kantong plastik food grade tahan panas. Keluarkan udaranya. Ikat rapat.

3. Diamkan di suhu ruang selama tujuh hari hingga tempe mengalami proses fermentasi secara alami.

4. Panaskan minyak. Masukkan tempe yang sudah terfermentasi alami. Masak sampai kering. Matikan api.

5. Terasi nabati siap distok sebagai penyedap beragam masakan atau sambal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Terasi Nabati dari Tempe, Bisa untuk Stok di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/09/070400975/5-cara-membuat-terasi-nabati-dari-tempe-bisa-untuk-stok-di-rumah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm