Ilustrasi seblak kuah pedas dengan isian yang komplet.
Ilustrasi seblak kuah pedas dengan isian yang komplet. ( SHUTTERSTOCK/ Irfan Hikmawan)

Berikut Alasan Makanan Pedas Bisa Bikin Sakit Perut hingga Diare

9 September 2023 16:35 WIB

SonoraBangka.id - Hati-hati saat mengonsumsi makanan pedas karena bisa memicu sakit perut hingga diare atau menceret. Dilansir dari Very Well Health, diare akibat mengonsumsi makanan pedas ini dikarenakan kandungan capsaicin dalam bumbu pedas, terutama cabai.

Capsaicin dapat mengiritasi lapisan lambung atau usus. Bila memiliki usus sensitif, makanan pedas dengan mudah menyebabkan diare. Usus memiliki peranan penting dalam pencernaan. Setelah mengonsumsi capsaicin, reseptor vanilloid 1 atau protein akan memberitahu otak bahwa kandungan ini "membakar" dari dalam.

Kemudian, otak akan memahami proses yang terjadi dan mulai melepaskan penghambat rasa sakit yang dikenal sebagai endorfin. Hal ini yang membuat sebagian orang justru merasa senang ketika mengonsumsi makanan pedas.

Pencernaan akan berlanjut dan berakhir di usus besar, prosesnya berjalan lebih cepat dan menyebabkan sakit perut hingga diare. Bahkan, beberapa orang akan merasakan anusnya seperti terbakar akibat capsaicin dari makanan pedas. 

Minum susu 

Bila diare atau sakit perut terasa makin parah usai mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya segera periksa ke dokter. Seseorang juga dapat mencegah diare setelah makan sajian pedas dengan mengonsumsi produk susu atau makanan manis. Susu dan makanan manis akan membantu mengurangi sekaligus menetralkan rasa pedas di mulut dan perut. Perhatikan juga jumlah makanan pedas yang dikonsumsi. Hindari makan hidangan pedas terlalu sering agar tidak memicu diare.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Makanan Pedas Bisa Bikin Sakit Perut hingga Diare", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/08/180700975/alasan-makanan-pedas-bisa-bikin-sakit-perut-hingga-diare.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm