Sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan jantung, penting untuk mengupayakan konsumsi sayur dan buah lebih banyak.
Sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan jantung, penting untuk mengupayakan konsumsi sayur dan buah lebih banyak. ( SHUTTERSTOCK/siamionau pavel)

Berikut 6 Makanan yang Baik untuk Mendukung Sistem Imun Anak-anak

9 September 2023 16:38 WIB

SonoraBangka.id - Jika berfungsi dengan baik, sistem kekebalan tubuh akan melawan penyakit dan mencegah bakteri dan virus. Namun, sewaktu-waktu dapat melemah kita dan anak-anak menjadi rentan dan akibatnya mudah terserang flu, batuk, dan penyakit lainnya.

Mengatasi hal tersebut adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan sehat. Simak makanan yang baik untuk mendukung sistem imun anak-anak, dikutip dari laman Bbc Good Food, berikut selengkapnya.

1. Memberikan ASI

Berikan pada ASI untuk bayi, manfaat ASI sendiri untuk nutrisi dan peningkatan kekebalan tubuh pada anak.  Menyusui meski hanya beberapa hari akan memberi bayi antibodi dan sel darah putih. Memainkan peran penting dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Konsumsi ikan berminyak

Asam lemak Omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan dan ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon, makarel, dan tuna. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak Omega-3 bermanfaat melawan infeksi pada anak-anak. Usahakan memasukkan menu ikan dua kali seminggu untuk anak-anak.

3. Sayur dan buah

Beri si kecil makan makanan pelangi yaitu sayur dan buah berwarna-warni yang banyak mengandung vitamin C dan karotenoid. Nutrisi tersebut pendukung kekebalan yang membantu tubuh menciptakan sel darah putih untuk melawan infeksi. Usahakan menyajikan lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

4. Sehatkan usus

70 sampai 80 persen sistem kekebalan tubuh berada pada usus. Kamu dapat mendukung kesehatan usus dengan makanan fermentasi. Makanan fermentasi seperti yoghurt dan serat.  Anak usia dua hingga lima tahun membutuhkan serat sekitar 15 gram per hari.

5. Makanan super food setiap hari

Pola makan yang sehat adalah mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti super food, terdiri dari biji-bijian, daging, ikan, dan kacang-kacangan selain buah dan sayuran.

6. Dukung dengan suplemen

Vitamin sangat penting untuk menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit tertentu. Anak-anak mungkin tidak mendapatkan cukup asupan meskipun mereka makan dengan baik. Kamu bisa memberikan anak-anak suplemen vitamin A, C, dan D, setiap hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Makanan yang Baik untuk Mendukung Sistem Imun Anak-anak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/08/070500875/6-makanan-yang-baik-untuk-mendukung-sistem-imun-anak-anak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm