Ilustrasi nasi tim yang disajikan bersama kuah sayur dan acar.
Ilustrasi nasi tim yang disajikan bersama kuah sayur dan acar. ( SHUTTERSTOCK/ JG ARIF WIBOWO)

Masak Jadi Nasi Tim, Berikut 6 Tips Olah Sisa Hidangan Bersantan

10 September 2023 06:21 WIB

SonoraBangka.id -  Jika mempunyai sisa masakan di rumah terutama masakan berbahan dasar santan, jangan dibuang terlebih dahulu selama belum basi. Kamu bisa mengolahnya kembali menjadi masakan baru seperti opor ayam untuk membuat nasi gurih, dan sambal goreng bisa disulap menjadi nasi goreng. Simak tips olah kembali sisa hidangan bersantan berikut ini, dikutip dari majalah "Saji / ED 245 2012" (2012) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Mengolah sisa sayur godog

Ketika ketupat sudah habis, bisa jadi sayur godog masih ada, jangan dibuang. Tambahkan tahu kulit yang sudah digoreng dan telur rebus, menjadi sayur baru yang siap dinikmati.

2. Mengolah ketupat

Sementara jika sayur lodeh habis dalam sajian ketupat sayur, kamu bisa membuat hidangan baru seperti ketupat tahu. Ulek bumbu pecel, tambahkan kecap dan air. Guyurkan bumbu pecel di atas potongan ketupa tahu, dan taoge rebus.

3. Mengolah opor ayam

Saat mengadakan acara spesial keluarga biasanya untuk sajian terdapat opor ayam, jika masih sisa bisa kamu olah menjadi nasi gurih. Suwir ayam dan masak bersama beras. Kukus sampai matang. Sajikan bersama tahu goreng, kerupuk, dan sambal.

4. Mengolah semur daging

Semur daging yang berlebih bisa dibuatkan nasi tim. Caranya potong-potong daging dan tumis bersama kentang, wortel, dan buncis. Taruh di dasar mangkuk. Tutup dengan beras yang diaroni bersama kuah kaldu. Buat agak lembek. Kukus sampai matang.

5. Mengolah sambal goreng hati

Sambal goreng hati sisa bisa diolah menjadi nasi goreng dan mi goreng. Selain itu, bisa juga dijadikan isian kroket.

6. Mengolah rendang

Jika mempunyai sisa rendang di rumah, bisa kamu kreasikan menjadi gadon. Suwir daging rendang halus-halus atau blender agar lebih mudah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Olah Kembali Sisa Hidangan Bersantan, Masak Jadi Nasi Tim", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/09/210300775/6-tips-olah-kembali-sisa-hidangan-bersantan-masak-jadi-nasi-tim.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm