Ilustrasi roti unyil.
Ilustrasi roti unyil. ( SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Apa Perlu Modal Besar? Berikut 3 Tips Jualan Roti untuk Pemula

10 September 2023 06:24 WIB

SonoraBangka.id - Usaha makanan bisa dimulai dari rumah. Salah satunya dengan menjual roti manis. Perhatikan beberapa tips ini sebelum berjualan roti. Mulai dari resep hingga kesiapan modal alat dan bahan. Tips berjualan roti dibagikan langsung oleh Direktur PT Venus Prima Sentosa, Yos Hawijaya, berikut ini.

1. Gunakan resep roti dengan konsisten

Coba satu, dua, atau banyak resep roti untuk menemukan satu resep yang tepat sebelum berjualan. Jika sudah menetapkan satu resep roti, gunakan secara konsisten untuk berjualan dari awal. "Kalau sudah oke, jangan pernah ganti bahan atau menurunkan kualitas karena rasanya akan beda," kata Yos.

2. Jangan jual roti gagal 

Jangan memaksa menjual roti gagal, seperti tidak mengembang, bentuk kurang sempurna, atau gosong, kepada pelanggan. "Soalnya orang akan makan pertama kali dan memberi kesan di awal. Kalau sudah tidak enak, jadinya dicap begitu," ujar Yos saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (6/9/2023). Sebaiknya, maksimalkan roti gagal agar bisa dikonsumsi untuk diri sendiri atau karyawan.

3. Gunakan modal alat yang sudah ada

Yos tidak menyebut angka modal menjual roti secara spesifik. Namun, menurutnya berjualan roti bisa dimulai dari rumah. Alat pembuat roti, seperti mikser dan oven, biasanya tersedia untuk ukuran rumahan dan membuat adonan mulai dari satu kilogram. Gunakan alat dan bahan yang sudah ada dan buat roti sebaik mungkin sebelum berjualan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Jualan Roti untuk Pemula, Apa Perlu Modal Besar?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/07/170600575/3-tips-jualan-roti-untuk-pemula-apa-perlu-modal-besar-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm