Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam ?Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Luar Negeri di Bidang Ekspor,? di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Kamis (31/8/2023).
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam ?Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Luar Negeri di Bidang Ekspor,? di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Kamis (31/8/2023). ( DOK. Humas Kemendag)

Mendag: Penyaluran Bansos Dipercepat untuk Menekan Harga Beras

11 September 2023 17:25 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, penyaluran bantuan sosial (bansos) beras dari pemerintah dipercepat untuk menekan harga komoditas tersebut. Rencananya, bansos beras akan diberikan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 34 provinsi.

Hal tersebut dikatakan pria yang akrab disapa Zulhas ini saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau persediaan beras di Gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (11/9/2023).

"Ya ini dipercepat, memang harusnya bulan Oktober. (Tujuannya) agar harga beras ini harganya mudah-mudahan bisa turun," ujar Mendag Zulhas dalam keterangan tertulisnya.

Zulhas menambahkan, proses penyaluran bansos beras ini akan berlanjut hingga November 2023. Sedangkan untuk berapa jumlah beras yang akan dibagikan, semua akan diberikan sesuai perintah Presiden Jokowi.

"Jadi perintah Presiden, beberapa pun digelontorkan," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perum Bulog mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan dalam bentuk beras dengan total 30 kg pada Senin (11/9/2023).

Penyaluran ini merupakan lanjutan dari program bansos pangan tahap yang dilakukan pada April hingga Juli 2023. Sementara bantuan pangan tahap kedua ini untuk periode Oktober, November, dan Desember 2023.

Sasaran target penerima juga sama dengan tahap yang pertama yakni menyasar 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 34 provinsi dengan jumlah total beras mencapai 640.000 ton.

Presiden Jokowi mengatakan, bantuan beras yang diberikan masing-masing 10 kilogram per KPM itu akan diberikan selama 3 bulan sehingga totalnya jadi 30 kg per KPM.

Dengan bantuan itu, masyarakat diharapkan tetap bisa memenuhi kebutuhannya akan beras di tengah harga beras yang mahal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendag: Penyaluran Bansos Dipercepat untuk Menekan Harga Beras", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/11/154000326/mendag--penyaluran-bansos-dipercepat-untuk-menekan-harga-beras.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm