Mobil patroli diparkirkan di area parkir yang dikelola Primkoppol (Primer Koperasi Polisi) Mitra Maju Jaya selama pembangunan gedung parkir Polda Metro Jaya dilakukan. Foto diambil Kamis (6/9/2018).(Kompas.com/Sherly Puspita)
Mobil patroli diparkirkan di area parkir yang dikelola Primkoppol (Primer Koperasi Polisi) Mitra Maju Jaya selama pembangunan gedung parkir Polda Metro Jaya dilakukan. Foto diambil Kamis (6/9/2018).(Kompas.com/Sherly Puspita) ( KOMPAS.COM)

Kakorlantas Usul Untuk Mobil Patroli Pakai Kendaraan Listrik

11 September 2023 18:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Polusi udara di Jakarta akhir-akhir ini ramai diperbincangkan, karena kualitas di kota Jakarta dan sekitarnya yang memburuk. Bahkan pada wilayah tertentu sampai menyebabkan infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Pemerintah pun mulai melakukan berbagai program untuk mengatasi polusi udara di Indonesia, di antaranya melalui peningkatan kesadarn uji emisi kendaraan, hingga mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Guna mendukung udara yang bersih, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberikan usulan agar mobil patroli anggota menggunakan kendaraan listrik.

“Kita juga merencanakan nanti kendaraan staf kita memakai mobil listrik ini. Tapi nanti tergantung anggaran yang akan tersedia berapa, tapi yang pasti dukungan terhadap udara yang bersih, go green yang selama ini kita ini harus dimulai dari kita pemerintah,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dikutip dari NTMC Polri, Minggu (10/9/2023).

Firman melanjutkan, usulan yang tergantung dengan anggaran tersebut juga sejalan dengan komitmen pemerintah dan pimpinan terkait pengalihan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi listrik.

“Jadi selaku bagian dari pemerintah, imbauan-imbauan dari bapak pimpinan kemarin sudah dijelaskan dari forum-forum kita rapat rapat, selain konversi kendaraan-kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik,” kata Firman.

Menurutnya, pada tahun ini pihaknya sudah mengusulkan kendaraan listrik untuk motor patroli. Tapi soal dengan pengadaan mobil listrik untuk patroli tersebut masih akan melihat anggaran negara.

“Kita sudah mulai menggunakan listrik selain kemarin kita mendapat bantuan dari Setneg pada saat G20 tapi untuk pengadaan pengadaan kedepan kita sudah mulai mengkombinasikan pengadaan yang berbahan bakar biasa dan listrik,” ujar Firman.

“Karena ini kan masih baru kendaraannya dan saya yakin ini tidak murah jadi tergantung keuangan negara. Kita berkomitmen bahwa pengadaan kedepan akan kita kombinasikan jadi tidak hanya kendaraan berbahan bakar fosil saja,” lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kakorlantas Usul Mobil Patroli Pakai Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/11/084200415/kakorlantas-usul-mobil-patroli-pakai-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm