Kamera instan Polaroid I-2
Kamera instan Polaroid I-2 ( Polaroid)

Polaroid Rilis I-2, Kamera Instan dengan Sensor LiDAR seperti iPhone

12 September 2023 10:12 WIB

SonoraBangka.ID - Polaroid memperkenalkan produk baru bernama I-2 yang merupakan kamera instan high-end dengan aneka teknologi terkini, termasuk kemampuan autofokus dengan sensor Light Detection and Ranging alias LiDAR.

Sensor LiDAR biasa digunakan di mobil dengan teknologi self driving untuk mendeteksi obyek-obyek di sekelilingnya. Apple juga menerapkan sensor LiDAR di iPhone untuk keperluan kamera hingga augmented reality.

Di Polaroid I-2, sensor LiDAR dipakai untuk mewujudkan autofokus yang lebih cepat dan akurat dalam kondisi low light.

Chairman Polaroid, Oskar Smolokowski, mengatakan pengembangan I-2 memakan waktu lebih dari empat tahun untuk memoles semua elemen dan aspek desainnya.

"Ini adalah kamera berkemampuan tertinggi yang pernah kami buat," ujar Smolokowsi, sebagaimana dihimpun dari Hot Hardware, Senin (11/9/20230).

I-2 sekaligus menjadi kamera pertama Polaroid yang menyajikan kendali exposure secara manual seperti di kamera DSLR atau mirrorless.

Selain mode manual, tersedia juga mode lain, seperti aperture priority dan otomatis. Informasi setting kamera ditampilkan di layar OLED kecil di bagian bahu kamera sehingga mudah dilihat pengguna.

Meskipun dibekali teknologi modern, sebagai kamera instan, Polaroid I-2 pada dasarnya bersifat analog dan menggunakan film instan, termasuk tipe SX-70, 600, dan i-Type.

Viewfinder-nya pun berjenis optical dengan tampilan keterangan parameter pengambilan gambar di sisi bawah. Jadilah produk ini seperti perpaduan teknologi kamera klasik dan modern.

Adapun lensanya memiliki tiga elemen yang terbuat dari polikarbonat dan akrilik dengan coating anti-pantulan, aperture maksimum f/8, serta focal length 98 mm yang setara dengan 38 mm di full-frame karena ukuran film polaroid lebih besar.

Fitur lain dari Polaroid I-2 termasuk jack audio mono 2,5 mm untuk sinkronisasi flash, ulir tripod standar, serta baterai lithium-ion built in yang bisa di-charge lewat konektor USB-C.

Polaroid sudah mulai memasarkan I-2 di situsnya, tapi peminat harus merogoh kocek cukup dalam. Harga produk ini termasuk mahal untuk ukuran kamera instan, yakni 700 euro atau sekitar Rp 11,5 juta, sudah termasuk tiga kotak film i-Type warna dan BW.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polaroid Rilis I-2, Kamera Instan dengan Sensor LiDAR seperti iPhone", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/09/11/19200057/polaroid-rilis-i-2-kamera-instan-dengan-sensor-lidar-seperti-iphone.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm