Ilustrasi kompor gas, kompor gas 2 tungku.
Ilustrasi kompor gas, kompor gas 2 tungku. ( SHUTTERSTOCK/SAAMI ANSARI)

3 Cara Atasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Gas

12 September 2023 18:22 WIB

SonoraBangka.id - Selain menjadi salah satu perabotan dapur yang biasa digunakan, kompor gas perlu dilakukan perawatan rutin agar kegunaannya optimal.  Salah satu kerusakan yang mungkin sering terjadi pada kompor gas adalah tidak menyala api setelah tabung gas baru saja diganti. 

Dalam buku "Menggunakan, Merawat dan Memperbaiki Peralatan Dapur" (2023) oleh Drs.Daryanto terbitan PT Bumi Aksara, ada penjelasan mengenai cara perbaiki kompor gas tidak menyala. 

1. Adanya penyumbatan gas

Masalah umum pada kompor gas yang tidak menyala setelah dilakukan penggantian tabung gas, biasanya karena adanya penyumbatan gas yang dialirkan dari tabung ke kompor.  Oleh karena itu, perlu adanya cara untuk mengatasi penyumbatannya. Caranya, kamu bisa memukul selang kompor agar aliran di dalamnya lancar. 

2. Penyumbatan pada regulator

Selain pada selang, penyumbatan juga bisa terjadi pada mulut tabung. Biasanya, karet pada mulut tabung tidak rapat.  Kamu bisa mengganti karet yang lebih rapat agar regulator bisa berfungsi dengan baik. 

3. Kerusakan pada pematik kompor

Kamu bisa melepas kabel pematik atau membersihkan sumbatan kotoran pada ujung pematik. Masalah tersebut bisa diatasi dengan cara meletakkan kembali kabel pematik pada tempatnya dan bersihkan bagian ujungnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Atasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Gas ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/12/130900575/3-cara-atasi-kompor-gas-tidak-menyala-setelah-ganti-tabung-gas-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm