Adonan roti jabrig yang sudah kalis
Adonan roti jabrig yang sudah kalis ( Dok. YouTube Devina Hermawan)

Istirahatkan Adonan Sebentar, Berikut 3 Cara Bentuk Roti biar Rapi

12 September 2023 18:50 WIB

SonoraBangka.id -  Bentuk roti bisa dikreasikan sesuai selera. Sebelum membentuknya menjadi aneka karakter, kamu bisa memelajari tips membentuk roti untuk pemula. Cara membentuk roti ini bisa membantu kamu menghasilkan bentuk roti sempurna, mulai dari dasar adonan. Direktur PT Venus Prima Sentosa, Yos Hawijaya, membagikan tiga cara membentuk roti sempurna berikut ini. 

1. Jangan  overmixing

Temukan resep roti yang tepat dan cukup adonannya hingga kalis. Jangan terlalu lama menguleni adonan. "Nanti adonannya menjadi keras dan susah dibentuk atau sobek," kata Yos saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/9/2023). Pastikan juga komposisi setiap bahan sudah pas sehingga adonan roti bisa kalis dan tidak terlalu lembek.

2. Istirahatkan adonan roti

Bahan-bahan untuk membuat roti harus dicampur dan diuleni hingga kalis selama 10-15 menit, tergantung jumlahnya. Setelah itu, Yos menyarankan untuk tidak langsung membentuk adonan roti satu per satu. "Kasih istirahat adonannya cukup 15 menit saja," saran Yos.

3. Sering-sering membentuk roti

Keterampilan tangan sangat diperlukan saat membentuk roti, apalagi bila bentuknya bermacam-macam. Yos tidak menyangkal bahwa jam terbang diperlukan untuk menghasilkan bentuk roti sempurna. Menurutnya, seseorang setidaknya harus belajar membentuk roti selama tiga bulan hingga terbiasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bentuk Roti biar Rapi, Istirahatkan Adonan Sebentar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/10/131600775/3-cara-bentuk-roti-biar-rapi-istirahatkan-adonan-sebentar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm