Ilustrasi mengempiskan adonan roti untuk mengurangi gas.
Ilustrasi mengempiskan adonan roti untuk mengurangi gas. ( SHUTTERSTOCK/FFOLAS)

Pakai Es Batu, Berukt 3 Cara Membuat Roti Unyil Lembut dan Empuk

12 September 2023 18:56 WIB

SonoraBangka.id - Cara membuat roti unyil tidak berbeda dengan roti lainnya. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tekstur roti yang lembut. Kunci membuat roti unyil empuk dan lembut terletak pada cara menguleninya. Mulai dari waktu hingga suhu. Simak tiga cara membuat roti unyil empuk dan lembut dari Direktur PT Venus Prima Sentosa, Yos Hawijaya, berikut ini.

1. Uleni adonan dengan tepat

Menguleni adonan roti terlalu sebentar dan terlalu lama, bisa membuat tekstur roti tidak sempurna. Bukannya lembut dan empuk, roti bisa menjadi keras karena terlalu lama diuleni atau overmixing. "Kalau kurang menguleni adonannya, rotinya bisa kempis," ujar Yos saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (6/9/2023).

2. Jangan menguleni adonan di tempat berangin 

Pilih tempat membuat roti yang tepat. Menurut Yos, penting untuk menghindari tempat berangin saat menguleni adonan hingga membentuk roti. "Takutnya roti menjadi keras karena dibuat kecil-kecil, dari satu adonan, menjadi 100 gram, lalu 10 gram per roti. Bisa cepat kering kalau kena angin," kata Yos. Adonan roti unyil yang kering bisa cepat sobek sebelum dibentuk atau diisi satu per satu.

3. Gunakan es batu Roti menggunakan ragi sebagai pengembang. Bahan ini tidak boleh terkena suhu panas karena bisa membuat roti menjadi bantat. "Waktu mengaduknya itu usahakan dingin, jangan panas. Makanya kita pakai es batu," ujar Yos. Mikser besar akan menghasilkan gesekan yang membuat suhu wadah dan adonan menjadi hangat. Es batu akan membantu menjaga suhu adonan tetap stabial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Roti Unyil Lembut dan Empuk, Pakai Es Batu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/10/091000075/3-cara-membuat-roti-unyil-lembut-dan-empuk-pakai-es-batu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm