Toyot Vios generasi terbaru(Kompas.com/Nanda)
Toyot Vios generasi terbaru(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Toyota Vios Dapat Bintang Lima Untuk Tes Tabrak ASEAN NCAP

12 September 2023 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Vios generasi keempat sudah dites keamanannya oleh New Car Assessment Program untuk wilayah ASEAN (ASEAN NCAP). Sedan ini sangat aman hingga hasil tes tabraknya mendapatkan bintang lima.

Dikutip dari laman ASEAN NCAP, Selasa (12/9/2023), tipe yang diuji adalah tipe G. Tapi, sedan mini ini hasil produksi Malaysia, untuk pasar Malaysia. Walau demikian, peringkat yang didapat berlaku juga untuk tipe lain dari Vios yang dibuat di Thailand untuk pasar Brunei, Indonesia, Laos, dan Kamboja.

Untuk perlindungan penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP) Vios mendapatkan nilai 35,25 poin dari 40 poin dalam kategori tersebut. Sementara perlindungan penumpang anak atau Child Occupant Protection (COP), sedan segmen B ini mendapat nilai 16,64 poin dari 20 poin.

Ketersediaan pengereman darurat otonom atau Autonomous Emergency Braking (AEB) serta sistem bantuan keselamatan canggih lainnya membuat Vios 2023 mendapatkan 16,08 poin dari 20 poin dalam kategori bantuan keselamatan atau Safety Assist (SA). Kemudian, Vios juga mendapatkan 10,73 poin dalam kategori keselamatan pengendara sepeda motor atau Motorcyclist Safety (MS).

Penyesuaian bobot poin membuat skor keseluruhan untuk Toyota Vios 2023 mencapai total 78,70 poin. Sehingga, Vios memenuhi syarat untuk mendapatkan peringkat bintang lima ASEAN NCAP.

"ASEAN NCAP senang bahwa Toyota berkomitmen untuk memastikan keselamatan penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya dengan melengkapi sedan ini dengan berbagai teknologi bantuan keselamatan untuk melindungi mereka dari kejadian tak terduga saat berkendara di jalan raya," tulis pernyataan ASEAN NCAP.

Vios dipasarkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Sedan ini dibanderol mulai Rp 363,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe G CVT dan Ro 376,4 juta (OTR Jakarta) untuk tipe G TSS CVT.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Vios Dapat Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/12/090200815/toyota-vios-dapat-bintang-lima-tes-tabrak-asean-ncap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm