Touring naik motor mesti memperhatikan kondisi jalan.(Foto: AHM)
Touring naik motor mesti memperhatikan kondisi jalan.(Foto: AHM) ( KOMPAS.COM)

Sebelum Perjalanan Jauh Naik Skutik, Cek Untuk Komponen yang Tak Terlihat

12 September 2023 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Skuter matik atau skutik peruntukan awalnya adalah kendaraan perkotaan yang praktis. Namun seiring perkembangan zaman, kebanyakan orang pakai skutik dan ada saja yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Berbeda dengan motor batangan atau bebek, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mau jalan jauh dengan skutik. Jangan sampai malah kerepotan karena terlewat melakukan hal tersebut.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, untuk cara berkendara jarak jauh, mau pakai motor sport, bebek, maupun skutik sebenarnya tidak berbeda jauh, mengikuti kebiasaan saja.

"Sebenarnya tidak ada hal khusus yang harus dibiasakan dalam menggunakan motor matik. Kalau sudah terbiasa, maka mudah dalam pengoperasiannya (untuk jarak jauh)," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Cuma, yang paling penting sebelum pakai skutik untuk perjalanan jauh adalah harus dilakukan pengecekan atau servis motor secara berkala. Jadi motor dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan.

"Komponen motor matik terutama CVT semuanya tidak dapat terlihat dari luar, berbeda dengan motor manual. Sehingga bagian Vbelt mengalami retak bisa tidak terlihat kalau tidak dibuka CVT-nya," kata Agus.

Jadi kalau motornya sering dirawat secara berkala, maka ketahuan usia pakai dari berbagai komponen di dalam CVT. Jika akhirnya mau dipakai jalan jauh, bisa saja diganti dulu komponennya dengan yang baru, menghindari kerusakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebelum Perjalanan Jauh Naik Skutik, Cek Komponen yang Tak Terlihat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/12/114200915/sebelum-perjalanan-jauh-naik-skutik-cek-komponen-yang-tak-terlihat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm