Cara daftar Mitra gojek.(website resmi Gojek)
Cara daftar Mitra gojek.(website resmi Gojek) ( KOMPAS.COM)

Gojek Berencana Untuk Operasikan Motor Listrik Penuh pada 2030

12 September 2023 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang menaungi layanan ride hailing Gojek berencana mengganti seluruh sepeda motor konvensional dari mitra yang beroperasi menjadi roda dua listrik berbasis baterai pada 2030 mendatang.

Melansir Asia Nikkei, Senin (11/9/2023), tujuan dari langkah strategis perusahaan yang saat ini memiliki lebih dari 2 juta mitra pengemudi tersebut untuk mengurangi produksi emisi CO2 yang dikeluarkan kendaraan sehingga bisa memperbaiki polusi udara.

Selain itu, diharapkan juga bisa berkontribusi terhadap target pemerintah Indonesia untuk mempunyai 9 juta sepeda motor listrik pada periode yang sama.

Gojek sendiri, telah memperkenalkan motor listrik yang turut mendorong tren pasar roda dua listrik di dalam negeri.

GOTO bersama dengan PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) telah mendirikan perusahaan patungan yang akan memproduksi motor listrik, yaitu PT Energi Kreasi Bersama atau Electrum.

Pabrik Elektrum telah mulai dibangun di Cikarang, Jawa Barat pada akhir Juni 2023 dengan target produksi awal sekitar 250.000 unit per tahunnya.

Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir mengatakan, pabrik tersebut akan meningkatkan ketersediaan dan mendorong adopsi kendaraan listrik di kalangan masyarakat Indonesia.

Perusahaan ride-hailing lainnya, Grab juga akan memperkenalkan motor listrik di berbagai negara dalam rangka mencapai zero emission pada 2040. Grab akan mendorong sekitar 80.000 mitra pengemudinya di Malaysia untuk memakai motor listrik Blue Shark asal China.

Grab juga berencana untuk meningkatkan rasio sepeda listrik dan kendaraan listrik menjadi 10 persen dari total kendaraan yang ada di Thailand pada 2026.

Salah satu anggota Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang Akira Miyakoshi, menyebut saat ini sepeda motor listrik tidak digunakan untuk berpergian dan keperluan sehari-hari lainnya.

Akan tetapi, motor listrik lebih banyak digunakan untuk orang yang melakukan perjalanan jarak jauh seperti pengemudi yang mengantarkan makanan dan juga barang-barang terutama di daerah perkotaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gojek Berencana Operasikan Motor Listrik Penuh pada 2030", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/12/120200615/gojek-berencana-operasikan-motor-listrik-penuh-pada-2030.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm