Ilustrasi mentega.
Ilustrasi mentega. ( SHUTTERSTOCK/Smirnova Natalia)

Sama-sama Mentega Buat Bikin Kue, Berikut 3 Beda Butter dan Shortening

13 September 2023 15:16 WIB

SonoraBangka.id -  Butter berarti mentega, teksturnya sangat lembut dan memiliki warna kuning pucat. Shortening juga mentega. Hanya saja, shortening berarti mentega putih atau mentega tawar yang juga bisa digunakan untuk membuat kue. Meski demikian, ada perbedaan antara butter dan shortening, seperti dilansir All Recipes berikut ini. 

1. Bahan baku

Butter dan shortening sama-sama jenis lemak padat. Namun, bahan baku atau pembuatnya berbeda. Mentega dibuat dari sebagian besar lemak susu. Bahan lainnya, mentega umum dicampur dengan sedikit uap air untuk meningkatkan produksi gluten. Shortening dibuat dari 100 persen minyak nabati. Bukan dari lemak susu seperti mentega.

2. Tekstur kue yang dibuat

Butter memiliki peran besar dalam menentukan tekstur kue panggang. Lemak ini membuat kue lebih renyah dan rapuh ketika dimakan. Sebab, butter lebih cepat meleleh daripada shortening sehingga berbeda dengan shortening yang membuat makanan terasa lebih lembut setelah dipanggang.

3. Rasanya tidak sama

Shortening ini tawar sehingga tidak mempengaruhi rasa asli makanan yang dibuat dengan bahan ini. Sementara itu, butter sudah terasa creamy sehingga membuat makanan buatannya lebih gurih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Butter dan Shortening, Sama-sama Mentega untuk Bikin Kue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/13/123800175/3-beda-butter-dan-shortening-sama-sama-mentega-untuk-bikin-kue.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm