Greentech pangkas harga motor listrik selama Jakarta Fair 2023. Setelah kena subsidi, harganya mulai Rp 5 jutaan(KOMPAS.com/daafa)
Greentech pangkas harga motor listrik selama Jakarta Fair 2023. Setelah kena subsidi, harganya mulai Rp 5 jutaan(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Penjualan Motor Listrik Diklaim Meningkat Mencapai 13 Kali Lipat

13 September 2023 20:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Industri otomotif di Indonesia sedang mengalami transformasi besar, dari kendaraan internal combustion engine (ICE) menuju kendaraan listrik (EV). Saat ini, tren penjualan motor listrik diklaim tengah mengalami pertumbuhan pesat.

Sepeda motor listrik dianggap menjadi katalis menuju adopsi energi terbarukan, dengan peningkatan penjualan sebesar 13,2 kali dalam 2 tahun terakhir.

Erwin Arifin, Director of Research Foundry, mengatakan, pemerintah RI telah menargetkan penjualan motor listrik mencapai 13,5 juta unit pada 2030.

“Kalau kita lihat analisanya, market ini dalam dua tahun terakhir sebetulnya growing 264 persen, which is cukup masif,” ujar Erwin di Jakarta (12/9/2023).

“Kita lihat dari tahun 2020 yang jumlah motor listrik cuma 1.947 unit, pada tahun 2022 kemaren jumlahnya sudah 25.782 unit. Jadi peningkatannya sekitar 13 kali lipat dalam dua tahun terakhir. Dan ini peningkatan signifikan,” kata dia.

Erwin juga mengatakan, salah satu hal yang membuat pertumbuhan motor listrik melonjak drastis adalah munculnya teknologi battery swaping.

Padahal ketika mulai bermunculan motor listrik pada tahun 2020, belum ada model yang memakai baterai swap.

"Kalau kita tahun 2023, berdasarkan quarter terakhir, itu jumlah swap station di Indonesia sudah mencapai 1.700 titik," ucap Erwin.

"Pada tahun 2022, jumlah market share motor listrik yang menggunakan swaping sudah nyaris 55 persen market share-nya. Artinya, dari 0-55 persen hanya dalam waktu 2 tahun. Ini kita nilai jadi salah satu katalis kenapa peningkatannya bisa 13 kali lipat," ujarnya.

Untuk diketahui, Foundry bersama Deloitte Indonesia baru saja merilis penelitian yang mengeksplorasi pasar kendaraan listrik, menganalisis potensi, infrastruktur, dan model bisnis inovatif yang dapat meningkatkan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Kolaborasi ini dilakukan untuk memberikan wawasan guna memberdayakan pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan yang tepat, mendorong transformasi menuju masa depan transportasi Indonesia yang berkelanjutan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjualan Motor Listrik Diklaim Meningkat 13 Kali Lipat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/13/102200115/penjualan-motor-listrik-diklaim-meningkat-13-kali-lipat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm