Ilustrasi buah jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Buah pemicu asam lambung.
Ilustrasi buah jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Buah pemicu asam lambung. ( SHUTTERSTOCK/New Africa)

Berikut 5 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sedang Batuk

14 September 2023 07:16 WIB

SonoraBangka.id - Tenggorokan yang kering ketika batuk dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika menelan, batuk harus segera diobati tepat waktu sebelum menimbulkan penyakit lain. Seseorang yang batuk harus mengonsumsi sop, jahe, madu, vitamin C, dan makanan pedas yang dapat meredakan batuk kering.

Menghindari makanan tertentu dapat mengurangi peradangan dan kejang tenggorokan yang memicu berbagai jenis batuk. Simak makanan tidak boleh dikonsumsi penderita batuk, dikutip dari laman Ndtv, berikut selengkapnya. 

1. Susu

Susu dapat meningkatkan lendir. Produk susu dan minum susu dapat merangsang produksi lendir di saluran pernapasan termasuk paru-paru dan tenggorokan. Oleh karena itu, lebih baik hilangkan susu dari menu makan saat sedang batuk.

2. Minuman

Tenggorokan kering mungkin terasa tidak nyaman ketika menelan dan dapat menyebabkan batuk. Dianjurkan untuk minum banyak cairan tetapi menghindari minuman seperti kopi, teh, kafein, dan minuman berenergi.

3. Makanan olahan

Kamu bisa menyembuhkan diri dari batuk jika menghindari makanan olahan seperti roti, pasta, makanan yang dipanggang, keripik, kerupuk, dan makanan penutup yang manis. Makanan olahan tersebut dapat diganti sayuran berdaun hijau, dan makanan utuh yang padat nutrisi.

4. Makanan yang digoreng

Makan yang digoreng dapat memperburuk kondisi seseorang yang batuk. Membuat batuk semakin berat. Makanan seperti gorengan, keripik, kerupuk, kentang goreng, dan junk food juga harus dihindari.

5. Buah sitrus

Buah-buahan dengan asam sitrat dapat menyebabkan refluks asam yang memperparah tenggorokan dan memicu batuk.  Buah buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, pir, nanas, dan persik sebaiknya dikonsumsi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Konsumsi Makanan Berikut Saat Sedang Batuk...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/14/070300675/jangan-konsumsi-makanan-berikut-saat-sedang-batuk-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm