Ilustrasi Baking Soda dan Baking Powder
Ilustrasi Baking Soda dan Baking Powder ( Shutterstock)

Sama-sama Pengembang Adonan, Berikut Perbedaan Ragi dan Baking Powder

14 September 2023 07:27 WIB

SonoraBangka.id - Ragi dan baking powder sama-sama pengembang. Keduanya digunakan untuk membuat makanan. Namun, ragi dan baking powder tidak bisa dijadikan pengganti satu sama lain, meskipun kegunaan umumnya serupa, yakni mengembangkan adonan.

Ketahui perbedaan ragi dan baking powder sebelum membuat kue atau roti. Jangan sampai salah menggunakannya. Simak enam perbedaan ragi dan baking powder yang dilansir dari Master Class berikut ini.

1. Pengertian

Definisi baking powder merujuk pada campuran asam lemah, karbonat, dan bikarbonat yang melepaskan gas karbondioksida. Reaksi asam basa baking powder menyebabkan gelembung gas yang membuat adonan mengembang dan terasa ringan. Ragi berarti mikroorganisme bersel tunggal dari Saccharomyces cerevisiae. Ragi berfungsi memfermentasi, mengubah karbohidrat menjadi karbondioksida sehingga menyebabkan adonan roti mengembang.

2. Kegunaan 

 Perbedaan mencolok antara ragi dan baking powder terlihat dari fungsi atau kegunaannya. Meskipun sama-sama digunakan dalam makanan, ragi tepatnya digunakan sebagai pengembang roti. Ragi akan membantu proses fermentasi roti sebanyak dua kali hingga mengembang dan matang setelah digoreng, dipanggang, maupun dikukus. Baking powder merupakan bahan pengembang untuk kue. Paling umum untuk membuat kue kering dan cake.

3. Varietas berbeda

Ragi memiliki beberapa varian, seperti ragi segar, ragi instan, dan ragi kering aktif. Ragi segar dan ragi kering aktif paling sering digunakan di toko roti profesional. Jenis baking powder terdiri dari dua, yakni single-acting dan double-acting. Cara kerja baking powder single-acting adalah melepaskan gas karbondioksida pada suhu kamar. Sementara baking powder double-acting menghasilkan karbondioksida saat dicampur dengan cairan, lalu dilepaskan saat di dalam oven. 

4. Rasa dan bau

Ragi kering dan ragi basah memiliki bau khas. Ragi basah memiliki aroma lebih menyengat  daripada ragi kering. Sementara itu, baking powder memiliki rasa netral karena bersifat asam basa. Tidak ada aroma khusus dalam baking powder yang memengaruhi kue. 

5. Waktu reaksi ragi dan baking powder

Baking powder langsung aktif ketika dicampurkan ke dalam adonan kue selama pemanggangan. Cara reaksi ragi berbeda. Ragi bisa diaktifkan sendiri atau dengan campuran gula, sebelum ditambahkan ke dalam adonan. Ragi juga boleh saja dicampurkan langsung ke dalam adonan roti. Ragi membutuhkan waktu selama beberapa menit untuk diaktifkan dan berjam-jam untuk membuat roti mengembang, terlepas dari kapan bahan ini dicampur ke dalam adonan.

6. Bahan pengganti

Ragi dan baking powder sama-sama bisa diganti dengan pengembang lainnya. Namun, kedua bahan ini tidak bisa dijadikan pengganti pengembang satu sama lain. Ragi, misalnya. Jenis pengembang ini cukup banyak, seperti ragi kering aktif dan ragi segar basah. Jika tak ada ragi kering, boleh saja menggunakan ragi segar untuk beberapa makanan tertentu sesuai standarnya. Sementara itu, baking powder bisa digantikan dengan bahan lain, seperti campuran krim tartar dan soda kue, juga campuran jus lemon dan soda kue.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Beda Ragi dan Baking Powder, Sama-sama Pengembang Adonan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/13/180600675/6-beda-ragi-dan-baking-powder-sama-sama-pengembang-adonan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm