Ilustrasi talenan plastik dalam berbagai warna.
Ilustrasi talenan plastik dalam berbagai warna. ( SHUTTERSTOCK/OM RANGGA)

Mana yang Paling Tepat Untuk Dapur Rumah, Talenan Kayu Atau Plastik?

14 September 2023 07:32 WIB

SonoraBangka.id -  Kenali kelebihan dan kekurangan dari jenis talenan berbeda sebelum membelinya. Setidaknya, kamu perlu menyiapkan beberapa buah talenan untuk membedakan alas potong buah, sayur, dan roti dengan daging mentah, seperti sapi, ikan, dan unggas.

Dilansir dari The Spruce Eats, talenan kayu memiliki ketahanan lebih lama daripada talenan plastik.  Talenan kayu juga membuat proses memotong bahan lebih mudah karena permukaannya tidak licin.

Namun, talenan kayu umumnya dijual lebih mahal bila dibandingkan dengan talenan plastik, meskipun tergantung pada jenis kayunya. Talenan ini juga membutuhkan banyak perawatan detail agar tidak cepat rusak dan tidak berjamur.

Kelebihan talenan plastik adalah mudah dibersihkan. Jenis talenan ini boleh sajia dicuci dengan mesin pencuci piring. Permukaan talenan plastik juga tidak berpori, memudahkan alas potong ini dibersihkan tanpa takut berjamur.

Bila dilihat dari bahannya, talenan plastik jelas lebih ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Harganya pun terjangkau. Sayangnya, talenan plastik rentan tergores sehingga bakal terdapat bekas sayatan pisau usai digunakan berkali-kali.

Terlepas dari jenis talenannya, talenan harus dibersihkan setelah dipakai untuk memotong bahan makanan mentah, seperti dikutip All Recipes. Cukup cuci talenan plalstik dengan sabun cuci piring dan air. Kemudian, bilas dan tiriskan.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama untuk membersihkan talenan kayu. Namun, sebaiknya gunakan air hangat untuk memastikan bakteri di talenan kayu mati dan menghilang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Talenan Kayu atau Plastik, Mana yang Paling Tepat untuk Dapur Rumah?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/13/103400475/talenan-kayu-atau-plastik-mana-yang-paling-tepat-untuk-dapur-rumah-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm