Saat mengemudi perjalanan jauh, selalu terapkan teknik defensive driving(SIS)
Saat mengemudi perjalanan jauh, selalu terapkan teknik defensive driving(SIS) ( KOMPAS.COM)

Mengemudi dengan Mode ECO Diklaim Bisa Untuk Pangkas Emisi Gas Buang

14 September 2023 18:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membagikan anjuran berkendara baik dan benar, yang diklaim mampu menurunkan tingkat emisi gas buang kendaraan.

Anjuran yang dimaksud, yakni selalu berkendara dengan mode ECO atau ECO Driving, alias menjaga batas kecepatan agar stabil dan tidak terlalu ngebut.

Heri Permana, Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH menjelaskan, berdasarkan riset yang sudah dilakukan, pola berkendara ini diklaim mampu menurunkan kadar emisi.

Alasannya, kinerja mesin jauh lebih stabil dan pembakarannya lebih optimal, hal ini berefek pada kadar emisi yang jauh lebih rendah.

“Semua kendaraan bermesin itu pasti punya emisi, jadi yang bisa dilakukan adalah meminimalisirnya bagaimana. Inilah pentingnya menggunakan ECO Drive saat berkendara, supaya lebih anteng dan stabil emisinya,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Secara logika teknik, dijelaskan kalau mode ECO memang bisa menurunkan kadar emisi, karena mesin yang bekerja optimal juga akan menurunkan konsumsi BBM.

Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur, memberikan penjelasan teknis terkait hal ini. Dia mengatakan, berkendara di mode ECO bisa sangat memangkas konsumsi BBM mobil.

“Memang sudah tercermin dari namanya, ECO itu artinya Economy. Kalau pengemudi stabil berkendara di mode ini, konsumsi BBM memang bisa menurun,” ucapnya.

Eko melanjutkan, patokan utama yang harus diperhatikan pengendara soal aktifnya mode ini bukanlah kecepatan, tapi rendahnya RPM mesin.

Singkatnya, mobil tidak boleh terlalu sering digeber dalam interval pendek supaya mode ECO bisa menyala.

“Mode ini bisa aktif otomatis dan patokannya RPM, bukan kecepatan. Jadi walaupun kecepatannya rendah, mode ECO enggak akan nyala kalau mobil sering digeber,” kata dia.

Selisih konsumsi BBM yang ada antara berkendara dengan menggunakan mode ECO dan tidak menggunakan mode ECO juga cukup signifikan. Hanya saja tidak ada data tetap, karena angkanya bervariasi berdasarkan jenis mobil.

“Kalau berdasarkan numbers on papers, memang tidak ada datanya karena variabel konsumsi BBM tiap mobil berbeda. Tapi kalau mobil pakai mode ECO, konsumsi BBM memang jadi jauh lebih irit, irit sekali malah,” ujar Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengemudi dengan Mode ECO Diklaim Bisa Pangkas Emisi Gas Buang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/071200615/mengemudi-dengan-mode-eco-diklaim-bisa-pangkas-emisi-gas-buang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm