Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan sebanyak 13 juta kendaraan roda dua atau motor dapat dikonversi menjadi kendaraan listrik pada 2030.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan sebanyak 13 juta kendaraan roda dua atau motor dapat dikonversi menjadi kendaraan listrik pada 2030.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( kompas.com)

Korlantas Polri Lagi Menyiapkan Untuk Regulasi Kendaraan Listrik

14 September 2023 18:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korlantas Polri tengah mempersiapkan registrasi dan identifikasi kendaraan berbasis pada elektronik.

Regulasi ini akan berlaku bagi roda dua maupun roda empat, tak terkecuali kendaraan listrik.

Nantinya kendaraan listrik yang masuk ke Indonesia regulasinya melalui tiga instansi pemerintahan. Pertama dicek oleh bea cukai di bawah Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian (Kemenperindag), dan terakhir Polri.

“Motor listrik saat ini yang menjadi perhatian kami karena jangan sampai produksi tapi pabrikannya tidak siap salah satunya suku cadangnya, servicenya jika rusak,” kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dikutip dari NTMC Polri, Kamis (14/9/2023).

Yusri melanjutkan, khusus sepeda listrik tidak diperbolehkan menggunakan nomor kendaraan STNK maupun BPKB karena regulasinya sudah diatur di Permenhub dan masuk kategori kendaraan tertentu.

“Kebijakan pemerintah sudah diubah termasuk yang terbaru konversi listrik. BPKB ada chip didalamnya, fungsinya mempermudah administrasi salah satunya mutasi lebih cepat prosesnya,” ucap Yusri.

Yusri menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang merancang e-Faktur fungsinya bagi kendaraan bermotor yang masuk langsung terdaftar. Disamping itu, e-Faktur akan mengetahui sudah sampai mana proses penerbitan STNK dan BPKB.

“Keuntungannya bagi Polri dapat meregistrasi dan mengidentifikasi bahkan sebelum keluar kendaraannya sudah bisa. Saat ini yang kami kedepankan konversi 0, namun kendalanya pengadaan material dan Polri ditargetkan PNBP,” kata Yusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korlantas Polri Lagi Menyiapkan Regulasi Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/072200215/korlantas-polri-lagi-menyiapkan-regulasi-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm