Pengecasan baterai motor listrik United TX3000(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Pengecasan baterai motor listrik United TX3000(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Standardisasi Baterai Motor Listrik Bakal Diawali dari Konektor

14 September 2023 18:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Program standardisasi baterai kendaraan listrik roda dua sedang dicanangkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah jalannya program elektrifikasi nasional.

Rencana standardisasi tentu bakal mempermudah masyarakat dalam pemakaian motor listrik, dengan menciptakan keseragaman yang diatur dalam satu ketentuan.

Fadli Rahman, Director of Strategic Planning & Business Development Pertamina New & Renewable Energy, mengatakan, tujuan dari standardisasi supaya baterai bisa lebih gampang dipakai banyak motor listrik.

Menurutnya, standardisasi baterai bisa dimulai dari konektor. Karena setiap produsen tidak serta merta bisa memakai baterai yang seragam.

“Yang disepakati adalah konektornya dulu deh, at least kalau kita mau connect sama, colokannya sama semua. Baru pelan-pelan kita melihat dalamnya itu bisa disamakan atau enggak,” ujar Fadli di Jakarta (12/9/2023).

“Tahapan awalnya di konektor dan IP (cloud). Itu tahapan awal sebelum baterai yang dipakai komponen BMS, dan lainnya, sama semua. Sekarang kita lagi mencocokkan, ketemunya di mana konektornya,” kata dia.

Fadli juga mengatakan, standardisasi baterai ini bakal mempercepat penetrasi motor listrik. Apalagi pemerintah juga sudah mencanangkan penjualan motor listrik mencapai 13 juta unit pada 2030.

“Konektor kan tipenya beda-beda. Itu yang lagi dirembukin. Kalau menurut teman-teman IBC sih by akhir tahun ini atau awal tahun depan mulai kelihatan keputusannya seperti apa, dari sisi konektor,” ucap Fadli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Standardisasi Baterai Motor Listrik Bakal Dimulai dari Konektor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/074200115/standardisasi-baterai-motor-listrik-bakal-dimulai-dari-konektor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm