Pengunjung Jakarta Fair 2023 melakukan cek penerima Subsidi Motor Listrik(KOMPAS.com/daafa)
Pengunjung Jakarta Fair 2023 melakukan cek penerima Subsidi Motor Listrik(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Aismoli Harap Situs Sisapira Bisa Diakses Pada Akhir September

14 September 2023 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi berharap pembaharuan Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua atau Sisapira.id bisa selesai akhir September 2023.

Sehingga masyarakat yang berminat untuk melakukan pembelian motor listrik dengan TKDN 40 persen ke atas bisa dilayani. Pada akhirnya, target 200.000 unit penyaluran subsidi roda dua listrik berbasis baterai hingga akhir 2023 dapat terealisasi.

"Tadi banyak pertanyaan juga (di forum diskusi). Tetapi jawaban dari PT Surveyor Indonesia (SI) akan ada percepatan dan diharapkan dalam waktu 1-2 pekan ini selesai," katanya ditemui di acara Rapat Anggota Aismoli & Focus Discussion di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

"Jadi masih ada dua bulan, ditambah setengah bulan dengan Desember karena kan tanggal 15 Desember 2023 nanti itu skema anggaran APBN sudah tidak bisa lagi pencairan," ucap Budi, melanjutkan.

Sebelumnya, Project Manajer Verifikasi Motor Listrik SI Dwi Anggoro menyatakan kalau saat ini proses integrasi data pada situs Sisapira.id pasca perubahan ketentuan dan syarat untuk penerima subsidi motor listrik Rp 7 juta sudah 90 persen.

Dikatakan, pihak SI hanya tinggal menunggu keputusan integrasi data dan skema penarikan data dari Kementerian Dalam Negeri RI melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan Kementerian Perindustrian.

"Yang kami tunggu ialah terkait MoU antara Kemendagri melalui Dukcapil dengan Kementerian Perindustrian," kata dia.

"Kami memberikan estimasi terhadap timeline Sisapira itu maksimal 3 hari kerja. Mungkin di bawah itu yah untuk proses memasukkan bahasa pemograman ke sana. Tetapi yang belum kami ketahui terkait MoU itu," tambah Dwi lagi.

Sebelumnya, Kompas.com memantau bahwa situs Sisapira belum bisa digunakan hingga hari ini, Rabu (13/9/2023) karena ada pembaharuan data. Dari keterangan halaman tersebut, tidak diumumkan sampai kapan perbaikan berlangsung.

Padahal sudah ada ketentuan baru bagi penerima subsidi motor listrik, yakni cukup menggunakan NIK KTP yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No. 6 Tahun 2023 per 29 Agustus 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aismoli Harap Situs Sisapira Bisa Diakses Akhir September", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/090200015/aismoli-harap-situs-sisapira-bisa-diakses-akhir-september.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm