Ilustrasi BPKB (Dok. Shutterstock/Kristina Ismulyani)
Ilustrasi BPKB (Dok. Shutterstock/Kristina Ismulyani) ( kompas.com)

BPKB Elektronik Bisa Untuk Hindari Pemalsuan Surat Kendaraan

14 September 2023 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) model baru lebih ringkas seperti paspor dan pakai cip telah diuji coba.

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, implementasi BPKB elektronik siap dilaksanakan pada 2024.

“Kami upayakan tahun depan mudah-mudahan, kalau memang dapat anggaran, BPKB akan kami ubah seperti ini, ada cip di sini, untuk memudahkan urusan-urusan BPKB,” ujar Yusri di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

“Tujuannya adalah bagaimana melayani masyarakat dengan cepat. Karena sekarang sudah menggunakan teknologi informasi, sudah 4.0,” kata dia.

Yusri menjelaskan, salah satu perbedaan BPKB elektronik terletak pada material kertas yang telah memakai teknologi canggih.

“Pertama dari cip, kemudian kinegram, bukan hologram. Boleh ketik ‘kinegram’, cuma satu (perusahaan) di dunia, dia yang paling baik saat ini, adanya cuma di Swiss kinegram itu,” ucap Yusri.

“Kinegram ini pakai teknologi aplikasi, keluar semua database, bukan hologram. Kalau dicek di tiap lembar ini pakai alat mikroskop, ada banyak tulisan kecil. Jadi pemalsuannya sudah enggak ada, apalagi saya pakaikan cip,” ujarnya.

Yusri menambahkan, penggunaan cip pada BPKB bakal mempercepat proses mutasi kendaraan. Apalagi kepolisian juga sudah mengembangkan arsip digital, di mana proses pengurusan dilakukan serba daring.

“Kita tahu mutasi kendaraan lama sekali. Hilang BPKB itu lama sekali sampai jadinya, ada yang 3 bulan, ada juga 6 bulan. Mudah-mudahan nanti kalau sudah jadi elektronik BPKB, setengah jam saja jadi, kalau semua ketentuan sudah dilaksanakan, sudah bayar pajak,” kata Yusri.

“Karena enggak cabut-cabut berkas lagi, sudah saya buat namanya arsip digital. Karena kebijakan Kapolri sekarang ini enggak boleh ada lagi, kalau perlu Samsat itu kosong. Semua ke depan dunia maya ini, perpanjangan STNK, perpanjangan SIM, semua menggunakan aplikasi,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPKB Elektronik Bisa Hindari Pemalsuan Surat Kendaraan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/100200115/bpkb-elektronik-bisa-hindari-pemalsuan-surat-kendaraan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm