Bedanya speedometer motor digital dan analog(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI)
Bedanya speedometer motor digital dan analog(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI) ( KOMPAS.COM)

Air Jadi Musuh Utama Speedometer Motor, Tidak Boleh Asal Siram

14 September 2023 20:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Speedometer motor punya fungsi menunjukkan kecepatan kepada pengendaranya. Selama pemakaian, ada saja yang membuat speedometer rusak, namun penyebab utamanya adalah air.

Ketika speedometer sudah kemasukan air, maka tinggal tunggu rusak saja. Tanda jika speedometer kemasukan air sebenarnya sederhana, lihat saja mikanya, berembun atau tidak.

Anton Suriyadi, pemilik bengkel Service Speedometer di Ciracas, menjelaskan, bila mika speedometer mengembun maka di dalamnya sudah pasti ada air.

"Kalau sudah ada embun, lebih baik dibuka (speedometer), dikeringkan dan dibersihkan. Rapatkan lagi (pemasangannya) jangan sampai kemasukan air lagi, bisa dikasih sealant atau sebagainya," kata Anton kepada Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Anton menjelaskan, speedometer yang kemasukan air bisa merusak. Contoh untuk model yang digital, maka bisa menyebabkan korsleting.

"Kerusakannya bisa beda-beda, ada yang mati langsung, ada yang lampu speedometernya nyala padahal sudah dicabut kuncinya, bensin eror, kecepatan enggak gerak, bahkan ada yang merembet ke mana-mana," ucap Anton.

Sedangkan untuk yang model analog, air di dalam speedometer bisa membuat komponen di dalamnya berkarat. Makanya, kalau cuci motor dengan air bertekanan, usahakan jangan diarahkan langsung ke speedometer, jaga-jaga.

"Apalagi kalau mika sudah retak, saran saya ganti. Kalau belum mau ganti, dilapis stiker saja biar air enggak tembus," kata Anton.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Air Jadi Musuh Utama Speedometer Motor, Jangan Asal Siram", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/102200315/air-jadi-musuh-utama-speedometer-motor-jangan-asal-siram.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm