Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet(KompasOtomotif)
Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet(KompasOtomotif) ( KOMPAS.COM)

Jenis BBM yang Cocok untuk Sepeda Motor Menurut Kompresi Mesin

14 September 2023 21:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memilih bahan bakar minyak (BBM) harus sangat diperhatikan, sebab penggunaan yang sesuai dengan rasio kompresi bisa menjaga keawetan komponen kendaraan.

Begitu pula sebaliknya, bila pemilik kendaraan menggunakan bensin dengan rasio kompresi yang tidak sesuai, maka akan menimbulkan kerak karbon di jantung pacu.

Team Owner Manual Tech Racing Ibnu Sambodo menyarankan, bagi pengguna motor untuk bisa mengikuti anjuran pabrik menggunakan BBM dengan nilai oktan yang sesuai. Tujuannya untuk menjaga performa dan kualitas mesin motor. 

“Sebaiknya ikuti manual penggunaan. Misalnya motor matik seperti Vario 150, cocoknya yang pakai BBM oktan 92. Jangan dipaksa pakai BBM oktan 98,” ungkap Anto kepada Kompas.com, belum lama ini.

Adapun jenis BBM yang cocok untuk motor berdasarkan kompresi mesin:

1. Premium

Premium merupakan bahan bakar bensin dengan angka oktan minimal 88. BBM ini bisa digunakan untuk kendaraan bermotor mesin dengan kompresi mesin rendah di bawah 9:1.

2. Pertalite

Pertalite merupakan bahan bakar bensin berwarna hijau terang yang memiliki angka oktan 90, sehingga sangat tepat digunakan untuk kendaraan dengan kompresi mesin 9:1 hingga 10:1.

Sebagai informasi, Pertalite memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada bahan bakar Premium 88, sehingga cocok digunakan untuk kendaraan bermesin bensin yang beredar di Indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm