Ilustrasi stok beras di gudang Perum Bulog Cabang Bangka.
Ilustrasi stok beras di gudang Perum Bulog Cabang Bangka. ( Ist/Perum Bulog )

Disperindag Bangka Belitung bakal Gelar Pasar Murah terkait Harga Beras di Belitung Naik

15 September 2023 09:22 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini harga beras di tanah air terus naik, bahkan dalam sebulan terakhir melonjak signifikan.

Seperti di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kenaikan harga beras sebulan terakhir mencapai Rp 1.000 per kilogram. 

Berdasarkan data Bidang Usaha Perdagangan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, pada pekan kedua September 2023 ini, harga beras premium yakni Rp13.500 per kilogram dan beras medium seharga Rp11.000.

"Memang secara nasional naik, dan ada perubahan harga di pasaran sekitar sebulan terakhir. Kenaikannya sekitar Rp1.000," kata Analis Perdagangan Bidang Usaha Perdagangan Dinas KUMKM Belitung, Ronal Irawan, Kamis (14/9/2023). 

Diakuinya, kenaikan harga beras akibat gagal panen yang dialami para petani di sentra-sentra beras di tanah air.

Apalagi untuk Pulau Belitung sangat bergantung pada pasokan beras dari luar daerah yang tentu sangat terdampak kenaikan harga. 

Namun menurut, Ronal stok beras di distributor di Kabupaten Belitung aman.

"Kami sudah mengecek stok, dipastikan aman. Stok dari 7 distributor yang kami catat pada Agustus 2023 masih ada sekitar 1.033 ton beras," ungkapnya. 

Untuk mengendalikan harga beras dan komoditas pangan dalam pengendalian inflasi,  Disperindag Bangka Belitung berencana menggandeng pihaknya untuk menggelar pasar murah.  

Nah, rencananya pasar murah tersebut akan berlangsung di kecamatan-kecamatan yang ada di Belitung.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga Beras di Belitung Naik, Disperindag Bangka Belitung bakal Gelar Pasar Murah, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/14/harga-beras-di-belitung-naik-disperindag-bangka-belitung-bakal-gelar-pasar-murah.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm