Ilustrasi gorengan untuk berbuka puasa
Ilustrasi gorengan untuk berbuka puasa ( Unsplash)

Jangan Pakai Kertas Koran, Berikut 4 Tips Tiriskan Minyak Pada Gorengan

16 September 2023 19:49 WIB

SonoraBnagka.id -  Gorengan yang enak tidak hanya harus renyah tetapi juga bebas dari minyak. Maka dari itu gorengan harus ditiriskan benar-benar setelah digoreng, pastikan tidak tersisa minyaknya. Berikut ini terdapat tips meniriskan minyak pada aneka gorengan dengan menggunakan kertas merang, dapat mengangkat minyak lebih baik, dikutip dari majalah "Saji / ED 463 APR 2020" (2020) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Hentakkan saringan setelah diangkat dari penggorengan

Supaya bebas minyak. pertama harus menghentakkan saringan selama beberapa kali setelah mengangkat gorengan dari wajan.

2. Tata gorengan 

Jangan letakkan gorengan begitu saja saat ditiriskan. Gorengan harus ditata dengan posisi berdiri agar minyak cepat turun.

3. Jangan memakai kertas koran

Perhatikan alas peniris, hindari penggunaan kertas koran atau majalah bekas sebagai alas peniris.  Sebab minyak yang tiris bisa melunturkan tinta pada koran atau majalah bekas dan tentu berbahaya untuk dimakan.

4. Pakai kertas merang

Kamu bisa menggunakan kertas merang untuk menyerap minyak. Kertas merang lebih aman lagi karena bebas tinta dan bisa menyerap minyak dengan sangat baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Tiriskan Minyak Pada Aneka Gorengan, Jangan Pakai Kertas Koran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/14/220300775/4-tips-tiriskan-minyak-pada-aneka-gorengan-jangan-pakai-kertas-koran.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm