Jalan Pantura Kendal di Ketapang yang dipenuhi lubang. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN(KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN)
Jalan Pantura Kendal di Ketapang yang dipenuhi lubang. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN(KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN) ( KOMPAS.COM)

Berkendara Motor Tiba-tiba Ketemu Jalan Berlubang, Jangan Melakukan Rem Mendadak

16 September 2023 20:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lubang di jalan merupakan ancaman yang perlu diwaspadai ketika berkendara, terutama bagi pengendara motor.

Berbeda dengan mobil, di mana bila menghantam lubang kemungkinan cuma rusak komponen, namun kalau sepeda motor bisa lebih parah, yaitu berisiko kecelakaan sampai kehilangan nyawa.

Seperti kejadian yang diunggah oleh akun Instagram @kabarpekanbaru, Kamis (14/9/2023). Dalam rekaman itu, terlihat pengendara roda dua terjungkal akibat adanya lubang saat melintasi Jalan Soekarno Hatta, Pekan Baru.

Beruntung pengemudi mobil yang berada tepat di belakangnya bisa melakukan pengereman tepat waktu, sehingga tidak menimbulkan kecelakaan yang serius.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika melihat lubang usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur.

“Misalkan kecepatan kita tinggi kemudian kaget melihat di depan ada lubang usahakan tidak ngerem mendadak atau pindah lajur. Jangan sampai waktu mengerem, kita aman tapi yang belakang tidak siap malah menabrak kita atau jauh karena kaget,” ucap Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, tak sedikit pengguna jalan di belakang yang jatuh karena kaget atau bahkan menabrak pengendara yang melakukan pengereman secara mendadak.

“Jadi, jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai maka lebih baik hajar saja ketimbang mengerem atau menghindari lubang. Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti off road), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efektif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” ujar Agus.

Tapi, Agus menjelaskan, ketika melewati jalan yang berlubang ada tekniknya tersendiri, supaya motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya.

“Posisi pengendara harus menaikan sedikit bokong dan mempertegak pundak. Sama seperti teknik yang digunakan motocross,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berkendara Motor Tiba-tiba Ketemu Jalan Berlubang, Jangan Rem Mendadak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/16/094200715/berkendara-motor-tiba-tiba-ketemu-jalan-berlubang-jangan-rem-mendadak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm