Toyota Avanza generasi pertama(Dok. TAM)
Toyota Avanza generasi pertama(Dok. TAM) ( KOMPAS.COM)

Mau Beli Avanza Lawas, Simak Cara Untuk Merawat Supaya Tetap Prima

16 September 2023 20:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Avanza lawas masih kerap diburu masyarakat meski usianya sudah hampir 20 tahunan sejak pertama kali meluncur pada 2003.

Data di atas kertas, dapur pacu Avanza generasi pertama ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 92 Tk pada 6.000 Rpm serta torsi maksimal 120 Nm pada 4.400 Rpm dengan transmisi manual 5 percepatan dan matik AT 4 percepatan.

Maka dari itu, untuk menjaga performa Avanza lawas tetap prima perlu dilakukan beberapa perawatan rutin. Apa saja itu, simak selengkapnya berikut ini!

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota dan Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan, Avanza lawas harus dirawat supaya kemampuannya tidak menurun terlalu jauh dari kondisi barunya.

“Ada beberapa sektor yang harus dirawat pada Avanza lawas, mulai dari mesin, suspensi dan sistem AC karena bagaimana pun AC menyumbang kenyamanan berkendara cukup banyak,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini, mengatakan, walau banyak sekali jenis perawatan mobil, tapi setidaknya ada bagian yang utama wajib dilakukan untuk menjaga performa tetap prima.

Mesin menjadi salah satu bagian krusial agar selalu dijaga performanya karena dengan dapur pacu yang sehat mobil dapat melaju dengan bertenaga dan aman.

“Untuk mesin perlu dilakukan ganti oli dan filternya tiap 5.000 Km, meski sebenarnya Toyota menetapkan oli mesin TMO mampu digunakan hingga 10.000 Km, namun daripada telat dan berujung kerusakan maka saya sarankan lebih maju,” ucap Muchlis.

Selain mesin, transmisi dan gardan juga perlu dilakukan penggantian oli secara berkala. Yakni setiap 10.000 Km dilakukan pemeriksaan dan wajib ganti setiap 40.000 Km atau 2 tahun sekali.

“Transmisi matik atau manual waktu penggantian olinya sama, begitu juga gardan hanya saja spesifikasi olinya berbeda-beda, manual SAE 80W-90, gardan SAE 90 dan matik khusus ATF,” ucap Muchlis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm