Ilustrasi cumi goreng.
Ilustrasi cumi goreng. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Lakilima)

Agar Garing Renyah dan Tidak Alot, Berikut 6 Cara Goreng Cumi

17 September 2023 14:41 WIB

SonoraBangka.id - Ada cara menggoreng cumi yang renyah garing dan tidak alot. Beberapa pemula mungkin pernah mendapati cumi menjadi alot setelah diolah. Oleh karena itu, memasak cumi dengan cara digoreng dalam minyak sering kali menjadi tantangan tersendiri. Simak dan ikuti cumi goreng agar tidak alot untuk hidangan spesial di rumah.

1. Cara cuci cumi

Dilansir dari laman Delighted Cooking, sebelum mengolahnya, cuci dulu cumi hingga bersih. Bersihkan cumi dari tentakel, kepala, dan kotoran yang menempel pada kulitnya.

2. Cara potong cumi

Sebelum membumbui cumi, potong cumi dalam bentuk cincin agar lebih mudah dibalut dengan tepung atau bumbu. Selain itu, potongan cumi bentuk cincin juga bisa memudahkannya matang lebih cepat dan merata. Kamu juga bisa lebih mudah mencelupkan cumi dalam adonan tepung kemudian masak ke dalam wajan.

3. Gunakan minyak tanpa rasa

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak kacang, atau minyak sayur untuk menggoreng cumi. Hindari menggunakan minyak dengan rasa atau aroma kuat karena bisa memengaruhi tekstur dari cumi.

4. Panaskan minyak sebelum digunakan

Gunakan minyak hingga mencapai suhu tertentu, hal ini agar minyak cukup panas dan bisa menyerap ke dalam cumi. Pasalnya, jika minyak yang digunkaan tidak terlalu panas bisa membuatnya lembek dan berminyak.

5. Gunakan wajan cekung atau tebal

Jenis wajan cekung atau tebal bisa menahan panas minyak goreng yang tinggi sehingga cukup ideal untuk menggoreng cumi.

6. Goreng cumi dalam waktu singkat

Pastikan kamu mencelupkan dan menggoreng cumi dalam wajan panas selama beberapa menit, mungkin sekitar satu hingga dua menit saja. Goreng cumi hingga warnanya cokelat keemasan. Bolak-balik cumi selama proses menggoreng. Angkat dan tiriskan. Menggoreng cumi dalam waktu lama bisa membuat teksturnya menjadi alot dan tidak lagi kenyal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Goreng Cumi agar Garing Renyah dan Tidak Alot", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/14/121100975/6-cara-goreng-cumi-agar-garing-renyah-dan-tidak-alot.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm