Mitsubishi Xpander 2023(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Mitsubishi Xpander 2023(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Mau Beli Xpander Bekas, Pahami Dulu Cara Untuk Merawatnya yang Benar

17 September 2023 17:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perawatan rutin mobil menjadi tanggung jawab konsumen agar performanya tetap baik. Begitu juga jika ingin membeli Mitsubishi Xpander bekas.

Low multi purpose vehicle (LMPV) ini pertama kali meluncur di Indonesia 2017 lalu dengan desain cukup memukau. Tampil gagah seperti mobil SUV meski sebenarnya spesifikasinya adalah mobil keluarga.

Sebelum membeli Xpander bekas, ada beberapa rangkaian perawatan yang wajib diketahui oleh konsumen agar kedepannya bisa direncanakan dengan baik.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Xpander lawas identik dengan transmisi matiknya yang masih AT konvensional, sedangkan tipe terbaru sudah CVT.

“Mobil ini (Xpander) termasuk tidak banyak masalah, transmisi matiknya belum pernah saya jumpai bermasalah, mungkin karena usianya yang memang masih 5 tahunan, sehingga itu menjadi sinyal baik namun harus dirawat agar tetap prima,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).

Pendiri bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan agar Xpander bekas tetap memiliki performa baik maka diperlukan perawatan yang benar dan tepat.

Terutama dalam hal penggantian oli mesin dan transmisinya, menurut Muchlis, bila sampai oli telat diganti akan berakibat fatal bahkan bisa membuatnya wajib dilakukan overhaul.

“Untuk oli mesin, bila sampai telat berisiko membuat sistem pelumasan tidak optimal, akhirnya komponen mesin lebih berpotensi mengalami aus, ujung-ujungnya bisa minta turun mesin, begitu juga pada transmisi matiknya,” ucap Muchlis.

Sedangkan perawatan transmisi Xpander yakni perlu dilakukan penggantian oli transmisi setiap mobil menempuh jarak 40.000 Km atau 2 tahun.

“Setiap 10.000 Km diperiksa kualitas oli transmisi matik ataupun manual, dan wajib diganti setiap kelipatan jarak tempuh 40.000 Km atau 2 tahun, dengan demikian komponen transmisi lebih aman dan performanya baik,” ucap Muchlis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm