Mitsubishi Xpander 2023(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Mitsubishi Xpander 2023(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Mau AC Xpander Dingin, Segini Untuk Estimasi Biaya Perawatan Berkalanya

17 September 2023 20:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mitsubishi Xpander bisa menjadi alternatif masyarakat dalam membeli mobil bekas berkualitas. Melihat dari usianya baru memasuki 6 tahun sejak pertama kali meluncur pada 2017, mobil ini umumnya masih dalam kondisi sehat.

Xpander cukup nyaman lantaran memiliki kabin lega. Dengan tempat duduk tiga baris, mobil keluarga ini bisa menampung 7 orang dewasa.

Ditambah dua lokasi ventilasi udara air conditioner (AC) membuat mobil ini tetap nyaman saat dikendarai muatan penuh bahkan pada perjalanan siang hari. Letak blower AC ada di bagian depan dan tengah menggantung di plafon.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan AC pada Xpander cukup tangguh karena dibekali double blower.

“Berhubung double blower, maka evaporatornya juga ada dua, sehingga kemampuannya dalam menyejukan udara kabin lebih baik,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan AC pada Xpander perlu dirawat secara rutin supaya kemampuannya tetap optimal serta mencegah terjadinya kerusakan komponen.

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

Muchlis mengatakan walau mobil terkadang AC masih terasa dingin setelah mobil menempuh jarak tersebut, perawatan tetap perlu dilakukan karena sesungguhnya pasti terjadi penurunan performa walau dalam skala kecil.

“Penurunan performa AC itu ada, hanya saja indera manusia kurang peka untuk merasakannya, akan lebih akurat bila dilakukan pemeriksaan menggunakan alat, dengan demikian akan terdeteksi,” ucap Muchlis.

Muchlis juga mengatakan selain penggantian oli kompresor, pembersihan komponen juga diperlukan sehingga aliran udara dalam kabin tetap bersih dan sehat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm