Mayones adalah emulsifikasi antara minyak, kuning telur mentah, dan cairan asam seperti cuka atau air lemon.
Mayones adalah emulsifikasi antara minyak, kuning telur mentah, dan cairan asam seperti cuka atau air lemon. ( SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)

Sering Dijadikan Saus, Apakah Mayones Terbuat dari Telur Mentah?

17 September 2023 20:38 WIB

SonoraBangka.id - Mayones sering dijadikan sebagai saus untuk salad buah atau sayur serta sandwich. Menurut MasterClass.com, mayones adalah saus emulsi kental yang terbuat dari minyak, kuning telur mentah, dan cairan asam seperti cuka atau air lemon.

Menambahkan dari Webmd.com, emulsifikasi berarti menggabungkan dua atau lebih cairan yang biasanya tidak dapat tercampur, seperti lemak dan air. Terdapat bahan makanan yang teremulsi permanen dan sementara.

Mayones adalah emulsi permanen berkat kandungan lesitin dalam kuning telur yang berperan sebagai protein penstabil. Mayones dianggap sebagai emulsi paling berlemak karena rasion bahannya yaitu empat bagian lemak dan satu bagian air. Hasil akhirnya, 80 persen volume mayones berasal dari minyak.

Selain kuning telur kualitas baik, gunakan minyak netral untuk membuat mayones seperti kanola, minyak alpukat, minyak bunga matahari, minyak zaitun ringan, atau campuran minyak zaitun dan minyak sayur. Jangan gunakan minyak zaitun extra-virgin yang tidak dimurnikan, karena memiliki rasa yang kuat dan dapat menyebabkan mayones terpisah.

Gunakan minyak yang disimpan dengan benar di tempat sejuk dan gelap serta tidak berbau tengik. Pembuatan mayones juga dapat ditambahkan dengan dijon mustard dan garam untuk menambah rasa. Konsumsi mayones sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh.

Sebanyak 14 gram mayones mengandung 94 kalori, 10 gram lemak, 1,6 gram lemak jenuh, 6 gram kolesterol, dan 0,138 magnesium.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Mayones Terbuat dari Telur Mentah?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/17/151201575/apakah-mayones-terbuat-dari-telur-mentah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm