Motor Listrik United TX 3000 diskon Rp 2,5 Juta selama jakarta Fair 2023(KOMPAS.com/daafa)
Motor Listrik United TX 3000 diskon Rp 2,5 Juta selama jakarta Fair 2023(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Ada Subsidi, Motor Listrik Harga Rp 20 Juta ke Atas Makin Diminati

17 September 2023 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah subsidi motor listrik Rp 7 juta dibebaskan untuk masyarakat, jumlah konsumen langsung melonjak drastis.

Segmen motor listrik yang diminati juga beragam, tidak hanya di kategori entry level dengan banderol kurang dari 10 juta, namun juga di segmen middle up dengan harga di atas Rp 20 juta.

PT Bintang Mas Lestari (PT BML) sebagai distributor United E-Motor, salah satu APM penyedia motor listrik yang dilibatkan dalam program subsidi pemerintah, mengungkap segmen middle up punya cukup banyak peminat.

United E-Motor sendiri menyediakan model TX-1800 dan TX-3000 untuk mengisi segmen tersebut, penjualan keduanya diklaim meningkat setelah dikenakan subsidi.

“Segmen middle up memang naik cukup drastis setelah kena subsidi Rp 7 juta, walaupun belum semasif peningkatan di segmen entry level,” ucap Yandi Sosiandi, Head of Marketing PT BML kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2023).

Yandi menjelaskan, ada tiga faktor yang nampaknya mempengaruhi peningkatan minat ini, yakni demografi konsumen, kualitas produk, dan model produk.

Sejauh ini, sebagian besar konsumen pengguna subsidi disebut masih berasal dari kalangan menengah ke atas yang memang sudah mempunyai sedikitnya satu unit kendaraan pribadi.

Konsumen di kategori itu cenderung lebih kritis dalam memilah produk berdasarkan kualitas dan keunggulan. Selain itu, motor listrik yang dibeli juga bukan untuk kendaraan utama, melainkan kendaraan pelengkap.

“Banyak (konsumen) yang beli motor listrik untuk pelengkap saja, dan memang sudah punya motor bensin di rumah,” ucap Yandi.

Alasan lain adalah soal model, yang membuat segmen middle up cukup diminati adalah karena motor listrik kategori ini biasanya mengusung desain layaknya skutik maxi, dengan bodi besar dan lebar.

“Konsumen memang kebanyakan suka model maxi, mungkin karena dirasa model-model entry level terlalu ringkas dan kurang kekar,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Subsidi, Motor Listrik Rp 20 Juta ke Atas Makin Diminati", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/17/140200015/ada-subsidi-motor-listrik-rp-20-juta-ke-atas-makin-diminati.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm