Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Konversi Motor Listrik Sudah Bisa Kredit Pakai BRI serta Adira

17 September 2023 21:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Demi mendorong masyarakat mengubah sepeda motor konvensional jadi listrik, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan sejumlah bank untuk fasilitas kredit pembiayaan konversi motor listrik.

Agus Tjahajana Wirakusumah, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan dua bank.

“(Kredit konversi motor listrik) Sudah jadi, jadi yang akan bergabung BRI sama Adira Finance. Itu sudah teken di ESDM,” ujar Agus, kepada Kompas.com (13/9/2023).

“Kita akan menuju ke situ, BRI dan Adira sudah menyatakan mau. Nanti tinggal bengkelnya yang mengurus ke leasing,” kata dia.

Seperti diketahui, selain subsidi buat pembelian motor listrik baru senilai Rp 7 juta, terdapat pula subsidi konversi motor dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke listrik.

Dalam aturannya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mematok biaya konversi motor listrik yang mendapatkan subsidi paling mahal Rp 17 juta per unit. Bantuan subsidi yang diberikan sebesar Rp 7 juta per unit.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Apabila kredit konversi motor listrik benar-benar terealisiasi, maka sisa biaya yang harus dibayar sebesar Rp 10 juta, bisa diselesaikan secara kredit atau cicilan melalui bank.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konversi Motor Listrik Sudah Bisa Kredit Pakai BRI dan Adira", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/17/150200215/konversi-motor-listrik-sudah-bisa-kredit-pakai-bri-dan-adira.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm