ilustrasi puding cokelat.
ilustrasi puding cokelat. ( FREEPIK/FREEPIK)

Kenyal dan Tidak Berair , Berikut Ini 6 Tips Membuat Puding Cokelat

18 September 2023 14:45 WIB

SonoraBangka.id - Ada hidangan manis dan dingin yang cocok untuk ana-anak atau orang dewasa. Itu adalah puding cokelat. Selain bisa dibeli secara instan di toko roti atau supermarket, kamu bisa membuat puding cokelat homemade dengan bahan sederhana.

Beberapa orang mungkin pernah merasa gagal dalam membuat puding cokelat. Entah itu karena teksturnya yang berair atau rasanya yang manis. Dilansir dari berbagai sumber, simak tips membuat puding cokelat berikut ini.

1. Gunakan tepung maizena dan kuning telur

Jika kamu ingin membuat puding cokelat tanpa menggunakan puding instan atau sachet, dalam laman The Kitchn, kamu bisa menggunakan tepung maizena yang dicampur dengan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata kemudian diamkan. Cara ini bisa membuat tekstur dari puding menjadi lebih kental dan rasanya menjadi kaya.

2. Tambah dengan kakao

Kamu bisa menggunakan bubuk kakao untuk menciptakan rasa dari puding cokelat yang khas. Namun, kamu juga bisa menggantinya dengan cokelat semipahit yang dilelehkan agar puding menjadi lebih lembut.

3. Gunakan whisk

Dilansir dari laman Taste of Home, gunakan whisk untuk mengaduk adonan. Cara ini bisa menghindarkan adonan menjadi gumpalan.

4. Pengganti susu

Kamu bisa mengganti susu instan dalam kemasan kotak dengan susu evaporasi atau santan kaleng. Gunakan bahan tersebut agar teksturnya menjadi lebih lembut.

5. Jangan pernah menambahkan tepung maizena di akhir waktu masak

Ditambahkan dari laman Tasting Table, jangan menambahkan tepung maizena di akhir resep, pasalnya tepung maizena perlu dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa mentah. 6. Tambah dengan sedikit kopi instan Masih dalam laman Tasting Table, kamu bisa menambahkan bubuk kopi instan dalam jumlah sedikit atau sesuai selera. Cara ini bisa membuat puding cokelat lebih beraroma.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Membuat Puding Cokelat Kenyal dan Tidak Berair ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/18/120300475/6-tips-membuat-puding-cokelat-kenyal-dan-tidak-berair-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm