Ilustrasi parsnip yang mirip dengan wortel.
Ilustrasi parsnip yang mirip dengan wortel. ( SHUTTERSTOCK/Angelika Heine)

Mirip dengan Wortel, Apa Itu Parsnip dan Bedanya dengan Wortel ?

18 September 2023 15:02 WIB

SonoraBangka.id -  Parsnip mirip dengan wortel. Keduanya termasuk sayuran umbi dari famili Apiaceae, seperti dilansir dari All Recipes. Warna kulit dan daging parsnip krem keputihan. Bentuknya memanjang dan meruncing seperti wortel.

Pembeda parsnip dan wortel adalah warnanya. Wortel jelas berwarna oranye terang, sementara parsnip memiliki warna putih seperti lobak. Hanya saja, ukuran parsnip lebih kecil dan meruncing dibandingkan dengan lobak yang bentuknya cenderung panjang membulat.

Rasa parsnip dan wortel juga berbeda, meski bentuk dan keluarga tanamannnya sama. Wortel dan parsnip sama-sama terasa sedikit manis, tetapi parsnip lebih manis dan terassa sedikit pedas. Saking manisnya, parsnip digunakan sebagai pemanis oleh orang Eropa sebelum tebu tersebar luas.

Sayuran ini berasal dari Eropa dan Asia, sudah dibudidayakan sejak zaman Romawi pada musim gugur dan musim semi. 

Cara memasak parsnip tidak jauh berbeda dengan wortel. Bagian atas dan bawahnya dipotong terlebih dulu. Kemudian, kulit tipis parsnip bisa mulai dikupas perlahan untuk menjaganya tidak dibuang terlalu banyak.

Sama halnya dengan wortel, kulit parsnip juga boleh saja dibiarkan tanpa dikupas, tetapi harus dicuci hingga benar-benar bersih. Sayuran ini bisa dimasak dengan berbagai metode, seperti tumis, rebus, maupun panggang untuk membuat makanan. Mengonsumsi parsnip sangat baik bagi tubuh.

Ragam vitamin dan mineral terkandung di dalamnya. Parsnip kaya akan vitamin K, vitamin C, folat, serta antioksidan yang dapat mendukung kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan. Belum lagi, parsnip termasuk sumber serat yang baik sekaligus rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh penggiat diet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Parsnip dan Bedanya dengan Wortel?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/18/140200975/apa-itu-parsnip-dan-bedanya-dengan-wortel-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm