Ilustrasi swedish meatball IKEA yang bisa kamu temui di beberapa kota besar Indonesia.
Ilustrasi swedish meatball IKEA yang bisa kamu temui di beberapa kota besar Indonesia. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Dian Oktaviani)

Berasal dari Swedia? Yuk Kenali Lebih Jauh Seputar Swedish Meatball

18 September 2023 15:09 WIB

SonoraBangka.id - Beberapa waktu yang lalu, swedish meatball merupakan salah satu menu andalan di toko perabotan IKEA yang banyak diperbincangkan dalam laman sosial media.  Dalam satu porsi menu swedish meatball biasanya berisikan beberapa bulatan bakso, mashed popato, saus krim yang kental, dan selai rasberi. 

Dilansir dari beberapa sumber, swedish meatball ternyata tidak berasal dari Swedia melainkan dari Turki. Penasaran dengan penjelasan tersebut? Simak asal usulnya berikut ini.  

Asal usul Swedish Meatball Dilansir dari laman Sweden, sebuah situs resmi asal Swedia, swedish meatball berasal dari Turki yang mana saat itu Raja Swedia Charles XII membaca pulang resep bakso dimasa pengasingannya di awal abad ke-18. Namun, menu masakan tersebut banyak yang mengira berasal dari Swedia lantaran menjadi salah satu menu di sebuah merek toko perabotan terkenal yaitu IKEA.

Ditambahkan dari laman DW, hidangan swedish meatball ala Turki dikenal dengan nama kofte. Masakan tersebut terbuat dari gilingan daging sapi atau bomba yang dibumbui dengan aneka rempah kemudian dimasak dengan cara dipanggang, dibakar, atau digoreng.

Namun di Swedia, hidangan tersebut kadang terbuat dari daging babi dan biasnaya dihidangkan dengan saus kuah yang gurih dan kental. Tambahan lainnya yang juga dilansir dari laman Smunch, menurut sejawaran makanan Dr. Rachel Laudan, swedish meatball sudah menjadi bagian dari kuliner Swedia sejak beradab-abad lamanya.

Diketahui resep paling awal dari masakan tersebut muncul di abad ke-18. Namun, versi swedish meatball terbaru yang saat ini populer di seluruh dunia mungkin juga mendapatkan pengaruh dari kuliner khas negara lainnya seperti dari Turki dan Perancis.

IKEA sebagai merek toko perabotan asal Swedia yang berinvansi di hampir seluruh dunia ini kemudian membawa swedish meatball yang membuatnya semakin populer. Toko perabotan tersebut sudah menyajikan swedish meatball di restorannya sejak tahun 1950an.

Tak hanya dihidangkan sebagai menu masakan makan di tempat, IKEA juga menjual bakso beku di tokonya sejak tahun 1980 untuk menarik pembeli lebih banyak lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Lebih Jauh Seputar Swedish Meatball, Berasal dari Swedia?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/15/111300175/mengenal-lebih-jauh-seputar-swedish-meatball-berasal-dari-swedia-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm