Susu kental manis bisa dijadikan selai karamel yang nikmat. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan simpel.
Susu kental manis bisa dijadikan selai karamel yang nikmat. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan simpel. ( DOK. SHUTTERSTOCK/IRINA MELIUKH)

Berikut Ini 4 Cara Membuat Saus Karamel untuk Campuran Minuman

19 September 2023 17:22 WIB

SonoraBangka.id - Saus karamel memiliki aroma yang khas, rasanya manis legit cocok untuk tambahan dalam minuman. Kamu bisa membuat sendiri saus karamel di rumah dengan bahan, yaitu gula putih, air, margarin, dan krim kental dingin. Simak cara membuat saus karamel untuk campuran minuman, dikutip dari majalah "Saji / ED 491 2021" (2021) Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep saus karamel

Bahan:

250 gram gula pasir

4 sdm air

25 gram margarin

100 ml krim kental dingin 

Cara membuat saus karamel:

1. Campurkan gula dan air Campurkan gula dan air di dalam panci. Panaskan di atas api kecil, sambil sesekali panci digoyang-goyang sampai gula kecoklatan. Matikan api.

2. Masukkan margarin Masukkan margarin. Aduk sampai larut.

3. Tambahkan krim kental Tuang krim kental sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata.

4. Dinginkan dan simpan dalam wadah Dinginkan dahulu di suhu ruang sebelum disimpan di dalam wadah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Saus Karamel untuk Campuran Minuman", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/19/070500675/4-cara-membuat-saus-karamel-untuk-campuran-minuman.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm