Ilustrasi smoothies
Ilustrasi smoothies ( PIXABAY / NIELS ERIK BACH BOESEN)

Agar Tak Salah Sebut, Kenali 5 Perbedaan Jus Dan Smoothies

19 September 2023 17:25 WIB

SonoraBangka.id -  Kamu sering merasa bingung atau tertukar untuk menyebutkan mana jus dan smoothies? Coba simak penjelasan dari beberapa sumber berikut, seputar bedanya jus dan smoothies. Keduanya sebetulnya memiliki perbedaan yang pada tekstur hingga nutrisi yang terkandung, tak perlu lama lagi untuk mengetahui lebih banyak seputar beda keduanya. 

1. Kandungan serat di dalamnya

Dilansir dari laman The Kitchn, beda smoothies dan jus ada pada kandungan serat di dalamnya. Smoothies memiliki kandungan serat lebih banyak dari jus. Hal ini karena smoothies biasanya memasukkan semua bahan ke dalam satu wadah juicer yang sama. Sementara itu, jus lebih banyak dihidangkan dengan cara disaring sehingga serat atau ampas dari sayur atau buah sering kali terbuang.

2. Jus sering kali mengandung banyak gula

Jus biasanya dihidangkan dengan menghaluskan buah dan sayur tetapi ada yang menambahkan gula di dalamnya. Sebetulnya, secara alami jus mengandung gula dari buah yang cukup. Namun banyak orang yang menambahkannya lagi ke dalam hidangan jus.

3. Tesktur jus lebih cair

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Sabtu (27/08/2022), Operational Manager Revive Smoothies Kearney Sarwono menjelaskan, jika jus memiliki tekstur yang lebih cair sementara smoothies lebih kental.

4. Smoothies dihidangkan dengan topping

Tidak jarang yang menghidangkan smoothies dengan topping sebagai kacang-kacangan atau yoghurt. Sementara, jus, biasanya dihidangkan begitu saja. Menurut pemilik Akkar Juice Bar di Yogyakarta, jus biasa dibuat dari sari buah yang biasanya dihidangkan tanpa tambahan topping.

5. Nutrisi

Ditambahkan dari laman Health, kandungan gizi smoothies bisa dibilang cukup tinggi karena menggunakan bahan lain, seperti biji-bijian atau potongan buah ekstra. Sementara jus, biasanya dibuat dari satu atau dua jenis sayuran atau buah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal 5 Beda Jus dan Smoothies agar Tak Salah Sebut", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/19/131300775/mengenal-5-beda-jus-dan-smoothies-agar-tak-salah-sebut.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm