Ilustrasi sayuran kale.
Ilustrasi sayuran kale. ( DOK.SHUTTERSTOCK/etorres)

Biasa Dijadikan Keripik, Berikut 5 Cara Masak Kale yang Enak

19 September 2023 17:28 WIB

SonoraBangka.id - Kale merupakan sayuran hijau yang mirip dengan kailan. Keduanya termasuk dalam golongan Brassica oleracea atau keluarga kubis, seperti dilansir dari Science Direct. Ada banyak cara mengolah kale, salah satunya digoreng renyah kemudian ditumbuk kasar untuk topping nasi putih hangat. Dilansir dari laman The Kitchn, simak lima tips mengolah kale yang enak.

1. Saute

Saute merupakan cara cepat dan mudah untuk memasak seikat kale. Cara ini juga bisa membuat kale lebih enak tanpa menimbulkan rasa mentah. Kamu bisa menambahkan perasan lemon pada tumisan kale untuk menyeimbangkan rasa pahit.

2. Rebus

Selain tumis cepat, kamu juga bisa merebus kale hingga matang. Tambah dengan kaldu atau garam pada rebusan air agar daunnya menjadi empuk dan rasa pahitnya berkurang.

3. Tumis

Kale bisa kamu jadikan tumisan dengan tambahan bahan lainnya. Metode masak dengan panas tinggi ini, cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu.

4. Kukus

Cara masak kale yang enak selanjutnya adalah dengan cara dikukus. Gunakan metode masak sederhana dengan uap air. Kamu bisa mengukusnya selama 10 menit.

5. Panggang menjadi keripik

Kale bisa dipotong sesuai selera, kemudian panggang hingga kering menjadi keripik. Cara ini bisa membuat teksturnya renyah maksimal. Potong dan buang tulang rusuknya, kemudian panggang dalam oven, jangan sampai gosong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Masak Kale yang Enak, Biasa Dijadikan Keripik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/19/120700175/5-cara-masak-kale-yang-enak-biasa-dijadikan-keripik.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm