Single passenger electric Autonomous Transporter (KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI)
Single passenger electric Autonomous Transporter (KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI) ( KOMPAS.COM)

BRIN Rancang Konsep Untuk Kendaraan Mobilitas Tenaga Listrik

20 September 2023 21:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tren kendaraan listrik hingga saat ini terus berkembang baik itu dari sisi teknologi dan juga fitur. Misalnya seperti mobility scooter atau kendaraan mobilitas yang menyerupai kursi roda berteknologi listrik buatan Pusat Riset (PR) Mekatronika Cerdas BRIN

Kendaraan yang di beri nama Single Passenger Electric Autonomus Transporter tersebut masih hadir dalam bentuk konsep dan meramaikan pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023

Roni Permana Saputra, peneliti daari BRIN Pusat Riset (PR) Mekatronika Cerdas BRIN mengatakan, produk tersebut masih dalam tahap penyempurnaan untuk sampai menjadi produk siap jual di pasaran. 

"Kendaraan mobilitas untuk perorangan yang dikembangkan BRIN mulai awal tahun 2023, dan diberi nama Seater. Ini didesain sebagai alat transportasi mikro satu penumpang yang dapat beroperasi otonomos di lingkungan terbatas dan terkendali," kata Roni kepada Kompas.com di ajang IEMS 2023, Rabu (20/9/2023).

Secara spesifikasi, sistem penggerak sepenuhnya memakai listrik. Untuk dimensi sebesar 120 X 75 X 110 cm dengan berat kurang dari 50 kg.

Lalu untuk kapasitas penumpang atau beban maksimum 120 kg. Untuk durasi maksimum operasi adalah dua jam setiap melakukan pengisian baterai secara full. 

"Untuk potensi pengembangannya, produk ini akan dipakai di kawasan terminal bandara dan alat transportasi micro shuttle yang dapat beroperasi di kawasan kebun raya," kata Roni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BRIN Rancang Konsep Kendaraan Mobilitas Tenaga Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/20/144100115/brin-rancang-konsep-kendaraan-mobilitas-tenaga-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm