lustrasi cupcakes dengan whipped cream warna warni.
lustrasi cupcakes dengan whipped cream warna warni. ( SHUTTERSTOCK/Africa Studio)

Dari Pilih Bahan Utama Sampai Topping, Berikut 5 Tips Membuat Cupcake

21 September 2023 06:26 WIB

SonoraBangka.id -  Cupcake dengan aneka topping biasanya dibuat untuk sajian istimewa di rumah seperi ulang tahun. Sebelum membuat cupcake, kamu perlu memperhatikan saat memilih bahan dan teknik membuatnya. Simak tips membuat cupcake mulai dari pilih bahan utama sampai topping, dikutip dari majalah "Saji / ED 292 2014" (2014) karya Saji terbitana PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Bahan pemuai

Membuat cake mengembang sempurna dapat ditambahkan baking powder terutama untuk cake yang dibuat dari telur kocok. Maka penambahan baking poeder hanya diperlukan untuk cake cokelat atau cake lain yang menggunakan bahan asam.

2. Bahan tambahan

Menciptakan berbagai jenis cake, maka diperlukan bahan tambahan sehingga cupcake menjadi banyak.  Bahan tambahan untuk cupcake bisa seperti selai kacang, pandan, cokelat, atau keju.

3. Teknik pembuatan

Cupcake dibuat dengan metode butter type cake, yaitu cake yang pembuatannya diawali dengan pengocokan margarin atau mentega dan gula. Margarin atau mentega tidak dicairkan. Cake seperti ini menghasilkan tekstur kue yang padat. Cocok dengan tekstur cupcake.

4. Pencetakan

Adonan cake dicetak di dalam loyang muffin kecil tetapi sekarang sudah ada cup kertas yang ukuran, bentuk, dan corak beragam. Loyang biasanya digunakan hanya untuk cup kertas tipis agar bentuk cake stabil.

5. Filling dan topping

Membuat cupcake yang menarik bisa ditambahkan isian dan toping. Filling bisa dibuat dari adonan yang kita buat sendiri atau siap pakai. Sementara toping dibuat dari buttercream, cokelat, atau plastic icing. Bahan-bahan ini bisa dibuat sedemikian rupa hingga bisa mempercantik cupcake yang dibuat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Membuat Cupcake, Mulai dari Pilih Bahan Utama Sampai Topping", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/19/221712375/5-tips-membuat-cupcake-mulai-dari-pilih-bahan-utama-sampai-topping.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm